Home Poso

Pemkab Poso Rencana Bangun RTH di Eks Pasar Sentral

263
Murniati Putosi,SP, MSi. (Foto: Saiful/ Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten Poso  melalui Dinas Lingkungan Hidup kini terus  membangun ruang terbuka hijau (RTH) demi memberikan kenyamanan bagi warga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Poso Murniati Putosi,SP, MSi mengatakan RTH dibangun agar ada suasana teduh bagi warga kota. RTH diharapkan memberikan rasa nyaman bagi keluarga untuk bersantai.

“Pembangunan kota tidak harus identik dengan gedung. Kita akan kembalikan lahan di sana sebagaimana fungsi awal, yaitu sebagai RTH,” kata Murniati  kepada wartawan Kamis 12 Desember 2019 di ruang kerjanya.

Dikatakannya, pengembalian lahan sebagai RTH itu sebagai salah satu upaya pemerintah daerah menambah ruang hijau. Selain itu juga untuk memperindah kota, menambah ekologi lingkungan, dan mengembalikan fungsi sosial masyarakat.

“Saat ini konsentrasi taman kota masih berada di seputaran jalur dua. Untuk itu kita juga akan terus menambah RTH yang salah satunya di eks Pasar Sentral lama, ” katanya.

Pihaknya berharap pada  awal 2020 mendatang kegiatan pekerjaan fisik pembangunan RTH tersebut sudah dapat berakhir, sehingga RTH sudah dapat berfungsi, yakni di seputaran RTH dikelilingi PKL yang belum lama ini oleh pihak BRI Poso mengalokasikan 50 gerobak bagi PKL. 

“Bagi para PKL yang akan menempati RTH diharapkan kerja samanya untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, usai berjualan segera membersihkan lingkungan sekitar tanpa harus menunggu petugas kebersihan atau petugas kuning yang keseharian bertugas membersihkan  sampah ,” ujar Murniati Putosi. 

Diberikan waktu mulai pukul 16.00 atau jam 4 sore bagi PKL untuk berjualan sampai pukul 24.00  atau jam 12 malam aktivitas jualan sudah berakhir,  kata Murniati Putosi yang sebelumnya Kadis Pertanian Poso. 

“Saya minta warga dapat bekerja sama karena apa yang pemerintah lakukan juga untuk kepentingan warganya, apalagi kawasan itu memang merupakan jalur hijau. Tidak usah khawatir karena pemerintah  daerah tetap menyediakan lokasi yang nyaman bagi warga, ” ujarnya. 

Reporter: Saiful
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas