Home Ekonomi

BRI Respon Positif Penurunan KUR 6%

244
Pimpinan Bank BRI Cabang Palu, Ekwan Darmawan saat ditemui usai kegiatan pelatihan 10.000 UMKM di salah satu hotel di Kota Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merespon positif atas penurunan suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) sebesar 6% pada tahun 2020 mendatang.

Hal ini disampakan oleh Pimpinan BRI Cabang Palu, Ekwan Darmawan, usai ditemui Metrosulawesi pada kegiatan pelatihan 10.000 UMKM.

Ia menganggap rencana penurunan suku bunga KUR akan membuat pelaku usaha di sektor mikro kecil dan menengah (UMKM) lebih banyak mendapat pembiayaan.

“Intinya, kami siap mendukung rencana pemerintah menurunkan suku bunga KUR hingga 6% tahun depan karena dari sisi pengembangan ekonomi dapat memberikan peluang bagi masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya,” kata Ekwan Darmawan, Kamis (12/12).

Saat ini, suku bunga KUR yang berlaku sebesar 7% dengan subsidi KUR Rp12,2 triliun. Sementara itu, kata dia, hal tersebut juga dinilai dapat mendidik masyarakat. Lanjut dia, suku bunga tertinggi masih ada di Indonesia dalam tingkatan bank Asia.

“Ini pula untuk menggerakan ekonomi masyarakat karena bisa meringankan pinjaman khsusnya bagi UMKM. Terkait kuota KUR Tahun 2020, BRI sudah mengajukan kuota dan saat ini masih menunggu keputusan resmi dari Pemerintah,” ucapnya.

Bank pelat merah ini akan menyiapkan tenaga pemasar yang kompeten demi memperbesar pembiayaan KUR pada 2020. Menurutnya, begitu suku bunga diturunkan yang pasti daya saing antara perbankan itu sama.

“Bank BRI siap mensukseskan penyaluran KUR 6% dengan mempersiapkan tenaga pemasar KUR yang kompeten, infrastruktur layanan yang baik, serta teknologi informasi untuk efisiensi dalam bisnis proses,” katanya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas