Home Ekonomi

BRI Bertekad Dorong Peningkatan Ekonomi 10.000 UMKM

238
PELATIHAN UMKM - Walikota Palu, Drs. Hidayat MSi disaksikan Pimpinan BRI Cabang Palu, Ekwan Darmawan, membuka pelatihan UMKM yang diselenggarakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Palu, Kamis 12 Desember 2019. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 100 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mendapat pelatihan yang dilakukan oleh Bank BRI, Kamis 12 Desember 2019. Kegiatan yang berlangsung di salah satu hotel di Palu itu dibuka Walikota Palu, Drs Hidayat.

Pelatihan ini adalah bagian dari program pelatihan yang digelar 100 kota di Indonesia, melalui program tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Tujuannya untuk mendorong peningkatan kualitas bagi 10.000 UMKM agar menjadi penggerak ekonomi kerakyatan.

Pimpinan BRI Cabang Palu, Ekwan Darmawan menjelaskan kegiatan ini dirangkaikan dengan HUT BRI yang ke-124. Dalam program tersebut, UMKM mendapatkan pelatihan terkait administrasi dan manajemen keuangan, pelatihan terkait e-commerce, akses informasi terhadap permodalan, hingga info pasar.

“Program ini selaras dengan keinginan Presiden Joko Widodo agar perbankan lebih memperhatikan pelaku UMKM di Indonesia Banking Expo (IBEX) 2019 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Jakarta. Pelatihan ini diselenggarakan Bank BRI untuk meningkatkan kapabilitas UMKM untuk go modern, go digital, go online dan go global,” imbuhnya.

Menurutnya, dalam mengembangkan ekonomi masyarakat khususnya di Kota Palu sangat dibutuhkan sinergitas. Selain itu, pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas pelaku usaha untuk mengelola usahanya agar bisa berkembang dan lebih maju, serta dapat mengelola modal khususnya yang berasal dari pinjaman bank.

“Semua program yang dilakukan perseroan bertujuan untuk menjalankan fungsi sebagai agent of development dan menjalin rantai ekonomi kerakyatan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan di tengah masyarakat,” ujar Ekhwan.

Ditambahkannya, UMKM bukan hanya sebatas toko kecil, tetapi sudah bisa diakses melalui perbelanjaan online. Sehingga, hal itu dapat menjangkau ke pelosok negeri. Ia juga mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian BRI terhadap ekonomi mikro.

“Terus terang kita sampaikan portofolio BRI itu sudah kelihatan, bahwa pergerakan ekonomi di Kota Palu baik dari simpanan dan pinjaman usaha semua di mulai oleh pelaku UMKM. Begitu juga dengan pertumbuhan kredit mikro hingga tabungan tumbuh dengan cepat,” terangnya.

Selain pelatihan terhadap 10.000 UMKM, Bank BRI juga menyelenggarakan konservasi 19 sungai, program padat karya tunai, dan renovasi 200 rumah tidak layak huni di seluruh Indonesia. Bank BRI juga menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) yang digelar di 100 kota, dimana dalam setiap pelaksanaannya juga terdapat penyaluran bantuan CSR BRI Peduli.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas