Home Sigi

Lagi, Sigi Diterjang Banjir Bandang, Ayah-Anak Tewas Tertimbun

652
Lumpur dan material yang menerjang Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabuapten Sigi, Sulawesi tengah, Kamis 12 Desember 2019 malam. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.id – Banjir bandang kembali melanda Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Kali ini terjadi di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kamis 12/12/2019.  Dua warga yang merupakan ayah dan anak, ditemukan meninggal akibat tertimbun lumpur beserta material saat banjir bandang.

Kedua korban yang meninggal diketahui bernama  Yan Cristison Mambarehi (51 thn) dan anak laki-lakinya,  Rezky Bambarehi (8 thn), keduanya warga Dusun III, Desa Bolapapu. Keduanya dievakuasi warga setelah dilakukan pencarian selama kurang lebih satu jam.

Informasi yang diperoleh Metrosulawesi.id, menyebutkan, banjir bandang yang menerjang Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, terjadi sekitar pukul 18.30 Wita. Dugaan sementara, banjir diakibatkan luapan air sungai Magila. Air sungai meluap lantaran sejak beberapa hari curah hujan sangat tinggi.  

Tim SAR Basarnas berada di lokasi kejadian banjir bandang di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Kamis 12 Desember 2019. (Foto: Ist)

Tercatat puluhan rumah warga rusak berat akibat terjangan banjir lumpur yang disertai material.  Saat kejadian, warga tengah beristirahat di dalam rumah. Saat beristirahat, warga dikejutkan dengan suara gemuruh, dan wargapun langsung berlarian mencari tempat yang aman.

 Kepala Basarnas Palu, Basrano, saat dihubungi Metrosulawesi.id, menuturkan, pihaknya sudah menerjunkan tim SAR ke lokasi kejadian. Sementara warga diungsikan di Sekolah Dasar Bala Keselamatan di Dusun III, Desa Bolapapu, serta rumah-rumah warga di Dusun IV.

‘’Saat ini menjadi prioritas mengevakuasi warga. Soal akibat kerusakan masih di data petugas,’’ jelas Basrano. (*)

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas