Home Politik

Sikido Penanda Pilkada Kabupaten Sigi

500
Seremoni launching tahapan Pilkada Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Sigi tahun 2020, yang digelar di halaman Kantor KPU Sigi, Rabu 11 Desember 2019. (Foto: Ariston Aporema Sorisi/ Metrosulawesi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi telah launching tahapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Sigi tahun 2020, Rabu 11 Desember 2019. Launching tersebut ditandai dengan pelepasan balon gas disertai dengan bunyian sirine, sebagai tanda KPU Sigi telah siap melaksanakan Pilkada 2020.

Selain itu, maskot dan jingle pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sigi tahun 2020 juga ditampilkan. Maskot yang diambil dari salah satu burung di Sulteng ini, diberi nama Sikido ‘kicauan demokrasi’ dan jinggel yang berjudul ‘Sigi Memilih’.

Jingle yang diluncurkan berjudul ‘Sigi Memilih’,  dengan genre rock itu diciptakan oleh Jumadi yang juga adalah Kepala Desa Tulo.

Dalam kesempatan itu juga diperkenalkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang dimiliki  oleh KPU Sigi.

“Ini kami jadikan sebagai media informasi atau media sosialisasi yang melekat di KPU Sigi,” ujar Ketua KPU Sigi, Hairil, usai kegiatan launching.

Terkait tahapan-tahapan selanjutnya, Hairil mengatakan akan mengikuti peraturan KPU nomor 16 yakni tahapan pemilihan gubernur, bupati serta wali kota.

“Jadi kami saat ini mepersiapkan segala sesuatunya baik dari sisi sosialisasi maupun regulasi dan kesiapan-kesiapan lainnya,” urai Hairil.

Pelepasan balon oleh Ketua KPU Sigi, Hairil pertanda dimulainya tahapan Pilkada Bupati Sigi dan Wakil Bupati Sigi, Rabu 11 Desember 2019. (Foto: Ariston Aporema Sorisi/ Metrosulawesi)

Diketahui, partisipasi masyarakat Kabupaten Sigi dalam Pilpres kemarin mencapai 80 persen. Olehnya kata Hairil, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada mendatang akan memaksimalkan media center serta sosialisasi kepada masyarakat.

“Waktunyakan masih panjang, kita akan terus sosialisasi untuk mencapai itu” ungkap Hairil.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Sulteng, Tanwir Lamaming, mengatakan, launching tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, bahwa tahapan Pilkada sudah dimulai.

Ia berharap capaian KPU Kabupaten Sigi di pilpres kemarin perlu dipertahankan atau ditingkatkan.

“Prestasi ini perlu dipertahankan, mari kita jaga sinergitas kita, bahwa pemilihan yang kita laksanakan nanti ini adalah pemilihan yang damai. Dan lebih meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memilih,” pinta Tanwir.

Launching dihadiri Bupati Sigi yang diwakili Kaban Kesbangpol, Ketua KPU Provinsi Sulteng, Tanwir Lamaming, Bawaslu Sigi, Kapolres Sigi, camat se Kabupaten Sigi, anggota DPRD Sigi ini dilaksanakan di halaman kantor KPU Sigi, Kecamatan Dolo.  (*)

Reporter: Ariston Aporema Sorisi

1 COMMENT

Ayo tulis komentar cerdas