Home Politik

DPRD Segera Hearing PT Poso Energi

190
Demonstran di Kantor DPRD Sulteng, Selasa 10 Desember 2019 terkait pengerukan sungai danau poso meminta DPRD Sulteng segera memanggil PT Poso Energi untuk menghentikan aktivitas pengerukan sungai danau poso. (Foto: Elwin Kandabu/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) akan memanggil Direksi PT Poso Energi terkait pengerukan sungai danau poso dan pembongkaran jembatan Pamona dalam waktu dekat. Kepastian itu disampaikan Anggota DPRD Sulteng, Yahdi Basma, saat menerima demonstran dari Satu Indonesia untuk Poso, di kantor DPRD Sulteng Selasa 10 Desember 2019.

Menurut Yahdi, Kisruh pengerukan danau poso dan pembongkaran jembatan Pamona menjadi pembahasan serius fraksi Nasdem. Atas instruksi fraksi, memerintahkan Sonny Tandra sebagai ketua komisi III DPRD Sulteng untuk melakukan hearing kepada PT Poso Eneri dan OPD terkait guna menuntaskan polemik tersebut.

“Hearing tengah dipersiapkan oleh DPRD Sulteng, tinggal menunggu waktu yang pas saja. Yang pasti, hearing akan dilaksanakan bulan (desember) ini juga, tidak menyebrang tahun 2020,” tutur Yahdi dihadapan demonstran.

Pengerukan danau poso dan pembongkaran jembatan Pamona dimata politisi dua periode itu, bertentangan dengan prinsip kedaulatan rakyat. Fraksi Nasdem sendiri menaruh perhatian khusus, bahkan sudah menggelar diskusi terkait polemik danau poso. Sebab itulah, fraksi Nasdem mendorong DPRD Sulteng segera bersikap agar polemik yang ditimbulkan PT Poso Energi tidak berlarut.

Yahdi juga menyayangkan sikap PT Poso Energi yang terus melakukan pengerukan ditengah penolakan dari masyarakat.

“Kami akan menginformasikan kepada teman-teman demonstran bila sudah ditentukan tanggal hearing, yang jelas dalam dua minggu kedepan hearing pasti sudah dilaksanakan,” tuturnya.

Puluhan demonstran yang tergabung dalam Satu Indonesia untuk Poso kembali mendatangi DPRD Sulteng guna mendesak wakil rakyat segera bersikap untuk menghentikan pengerukan danau poso oleh PT Poso Energi. Demonstrasi kali ini merupakan lanjutan dari demosntrasi sebelumnya.

Dihadapan anggota dewan, demonstrasn meminta jaminan bahwa DPRD Sulteng benar-benar menjadi wakil masyarakat dengan menuntaskan persoalan pengerukan danau poso oleh PT Poso Energi.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas