Home Parigi Moutong

Tiga Klinik Pratama Segera Dibangun di Parimo

263
Bupati Parimo, Samsurizal Tombolotutu rapat bersama dengan sejumlah kepala OPD dan camat di wilayah Parimo, yang bertempat di Hotel Siavu Tinombo, Jumat 6 Desember 2019. (Foto: Ist)

  • Didukung Sarana Pasar Hingga Helipad dan Pelabuhan

Parimo, Metrosulawesi.id – Bupati Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Samsurizal Tombolotutu mengungkapkan, bahwa rencana pembangunan tiga klinik pratama di wilayah Parimo di Desa Pimpit Kecamatan Tinombo Selatan, Desa Kayu Jati Kecamatan Ongka Malino dan Desa Gandasari Kecamatan Sausu.

“Sehingga kami merencanakan bahwa peletakan batu pertama pembangunan tiga bangunan klinik tersebut dijadwalkan bulan Desember tahun 2019 ini sebelum perayaan Natal,” ungkap Samsurizal Tombolotutu saat rapat bersama dengan sejumlah kepala OPD dan camat di wilayah Parimo, yang bertempat di Hotel Siavu Tinombo, Jumat 6 Desember 2019

Samsurizal mengatakan, sarana dan prasana yang nantinya akan dibangun selain pembangunan klinik pratama itu ialah pembangunan jalan jalur 2 menuju akses klinik, ketersediaan air, jalan dan jembatan yang melekat pada Dinas PUPRP. Selain itu,  pembangunan pasar rakyat yang dekat dengan lokasi klinik melekat pada Dinas PMD. Berikutnya  pembangunan helipad dan pelabuhan kapal pesiar dinas, yang bertanggung jawab Dishub. Adapun ketersediaan akses radio dan internet di lokasi klinik tanggung jawab Diskominfo, serta sayur dan persawahan akan di tanggung oleh Dinas TPHP.

Bupati juga berharap pada Dinas Perizinan untuk mempercepat proses perizinan pembangunan klinik dan sarana penunjangnya. Dalam aspek perikanan melalui Dinas Perikanan dan Kelautan yang nantinya akan membangun TPI.

“Hal ini dilakukan agar ketersediaan pangan di sekitar area klinik dapat terpenuhi dengan baik,” terang Samsurizal.

Lanjut Samsurizal, Untuk Dinas Pariwisata agar lebih gencar mengembangkan potensi pariwisata di 3 titik Pembangunan Klinik tersebut, yang menjadi point utama pembangunan Pariwisata.

“Karena untuk pariwisata kita konsentrasi di Desa Khatulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan, agar titik khatulistiwa dengan nol derajatnya dapat menjadi jualan wisata internasional,” jelasnya.

Samsurizal berharap, agar dinas-dinas yang telah ditunjuk untuk melaksanakan tugas tersebut untuk segera melakukan peninjauan pada lokasi dan melakukan pendataan terkait kesiapan titik pembangunan sarana dan prasana pendukung klinik pratama tersebut.

“Segera lakukan pendataan pada titik lokasi dimaksud karena kita rencananya akan melakukan ekspose dengan pihak pengembang terkait kesiapan Pemda dalam pembangunan klinik pratama dan sarana pendukungnya,” tutup Samsurizal.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas