Home Sulteng

Target IP4T Sulteng Terbanyak di Indonesia

156
PENYERAHAN SERTIFIKAT - Staf Ahli Gubernur Sulteng Bidang SDM, Pengembangan Kawasan dan Wilayah, Ikhwan, menyerahkan simbolis sertifikat redistribusi tanah kepada 10 perwakilan masyarakat, di Palu, Senin, 9 Desember 2019. (Foto: Humas)

Palu, Metrosulawesi.id – Kasubdit Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) Kementerian ATR/BPN, Muh. Syukur, mengungkapkan target IP4T Sulteng tahun 2019 merupakan terbanyak di Indonesia. IP4T sendiri bagian reforma agraria untuk mendata secara sistematis bidang tanah di desa/kelurahan.

“Dari target 945.000-an bidang di 33 provinsi, 305.000-an bidang di Sulteng adalah paling besar,” ungkap Syukur membacakan sambutan Dirjen Penataan Agraria saat Penyerahan Sertifikat Redistribusi Tanah dan Ekspos Hasil IP4T 2019, di Palu, Senin, 9 Desember 2019.

Melengkapi penyampaian kasubdit, Kakanwil BPN Provinsi Sulteng, Doni Janarto Widiantono, menuturkan bahwa selama kurun waktu 2019, BPN telah berhasil meng-IP4T-kan 305.744 bidang tanah di seluruh kabupaten/kota. Bahkan hasil IP4T Kota Palu lanjutnya mendapat apresiasi nasional karena jadi yang terbaik dan terlengkap.

“Ini baru pertama kali satu kota (data IP4T) lengkap,” terangnya seputar keberhasilan mendata semua tanah di Palu yang mencapai 157.722 bidang.

Olehnya, Staf Ahli Gubernur Sulteng Bidang SDM, Pengembangan Kawasan dan Wilayah, Ikhwan, mengapresiasi kinerja Kanwil BPN dalam menjalankan misi RA di Sulteng, termasuk IP4T di dalamnya.

“Semoga dapat bermanfaat untuk memberikan gambaran sejumlah bidang tanah, status kepemilikan, penguasaan dan pemanfaatan tanah serta keperluan perencanaan dan investasi wilayah,” harapnya.

Pada kesempatan itu, staf ahli lalu menyerahkan simbolis sertifikat redistribusi tanah kepada 10 perwakilan masyarakat. Ia juga menerima buku hasil dokumentasi IP4T Sulteng dari Kakanwil BPN Doni Janarto. (*)

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas