Home Pendidikan

Pejabat Dikbud Diminta Sebarluaskan Pendidikan Keluarga

154
Kadis Dikbud Sulteng menyampaikan sambutan pada kegiatan bimbingan tenis pendidikan keluarga yang digelar di Vila Sutan Raja, Senin malam, 9 Desember 2019. (Foto: Dok. Bid. PTFTP)

Palu, Metrosulawesi.id – Para pejabat dan staf di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulteng diminta ikut menyebarluaskan pentingnya pendidikan keluarga. Permintaan ini disampaikan Kepala Dinas Dikbud Sulteng H Irwan Lahace dalam sambutannya membuka kegiatan bimbingan tenis pendidikan keluarga yang digelar di Vila Sutan Raja, Senin malam, 9 Desember 2019.

Bimtek kali ini diikuti para pejabat dan staf di lingkup Dinas Dikbud Sulteng yang belum mengikuti bimtek pendidikan keluarga. Para pejabat dan staf berasal dari Kantor Cabang Dinas (KCD) Dikbud Sulteng di kabupaten/kota, dan Pengawas SMA/SMK/SLB.

‘’Para pejabat dan staf yang ikut kegiatan bimtek kali ini diharapkan bisa menjadi perpanjangan tangan untuk menyebar luaskan       informasi tentang pentingnya pendidikan keluarga bagi keluarga, orang tua yang memiliki anak usia sampai dengan 21 tahun atau yang masih berstatus sebagai peserta didik PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, PKLK dan pendidikan informal,’’ kata Irwan Lahace.

Kepala Dinas juga mengharapkan melalui bimtek dapat meningkatkan kapasitas para pelaku pendidikan keluarga mengenai pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan. Selain itu meningkatkan kapasitas pelaku pendidikan keluarga untuk memberikan pendampingan dan pengawasan kepada satuan pendidikan terhadap implementasi pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan.

Menurutnya, bimtek pendidikan keluarga yang menjadi program rutin pemerintah bertujuan untuk mendidik anak agar menjadi anggota masyarakat yang mempunyai kompetensi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki anak tersebut.

‘’Keluarga sebagai lembaga pendidikan yang pertama dan utama mempunyai peranan penting dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak,’’ kata Irwan Lahace.

Mengutip salah seorang pakar, Irwan mengatakan ada enam bidang-bidang pendidikan yang dapat dikembangkan oleh orang tua dalam rangka pendidikan keluarga,yaituPendidikan jasmani dan kesehatan; Pendidikan akal (Intelektual); Pendidikan psikologi dan emosi; Pendidikan agama dan spiritual; Pendidikan akhlak; dan Pendidikan sosial anak.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas