Home Poso

Jelang Mutasi, Pejabat Terus Mengekor Bupati

441
Darmin A Sigilipu. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.id – Terjawab sudah kapan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu merombak pimpinan OPD termasuk jabatan Eselon 3 dan 4 lingkup Pemerintah Daerah Poso. 

Usai menghadiri kegiatan BRI di Gedung Wanita,  Senin 9 Desember 2019, Bupati Darmin saat ditanya kapan akan merombak atau lakukan mutasi seiring ada beberapa jabatan khususnya pimpinan OPD yang saat ini lowong di mana sudah memasuki usia pension. Kepada wartawan, dia mengatakan, bahwa pengisian jabatan atau mutasi pejabat segera akan berlangsung dalam waktu dekat.

“Kemungkinan mutasi berlangsung dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi karena proses penjaringan khususnya pejabat Eselon 3 yang sebentar promosi, sudah melakukan serangkaian tahapan termasuk mengikuti lelang jabatan, sehingga hasilnya telah diketahui, tunggu saja mutasi tidak terlalu lama lagi,” tegas Darmin.

Didesak waktu pelantikan pejabat apakah masuk Desember 2019  atau menyebrang tahun 2020 dikatakan orang pertama di Pemkab Poso  sekaligus Ketua DPD Golkar Kabupaten Poso ini,  dirinya masih akan berkoordinasi dengan Sekdakab yang juga sebagai Ketua Baperjakat daerah.

“Kalau sudah tidak ada kendala untuk segera dilakukan mutasi, mengapa harus menunda atau menyebrang tahun, intinya mutasi sudah dipersiapkan secara matang, tunggu saja waktu dan kepada pejabat diimbau agar selalu memperlihatkan kinerja yang baik, ” ungkap Darmin Agustinus Sigilipu.

Sejauh ini pantauan media, jelang mutasi jabatan atau perombakan kabinet di akhir masa jabatan Bupati Darmin, hampir seluruh Pejabat Eselon Dua atau pejabat Eselon 3 yang akan mendapat promosi jabatan, mereka terus mengekor ke mana Bupati Darmin pergi, hingga mereka jarang atau sama sekali tidak berkantor.

“Kegiatan safari Natal Pemda Poso dijadikan alasan pejabat belum berada di kantor, kami sudah beberapa kali ke Dinas PMD untuk bertemu kadis, namun oleh staf Ibu Kadis sedang mendampingi Bupati dalam kegiatan safari Natal yang sudah berlangsung sepekan, seharusnya safari Natal dilangsungkan malam hari sehingga aktifitas di Pemda Poso berlangsung secara normal,” tegas HA, salah seorang Kades di wilayah Poso Pesisir Selatan. 

Penelusuran media, memang beberapa SKPD di mana pimpinan OPD jarang berada di kantor, mereka melihat jadwal di mana kunjungan kerja Bupati DAS di kecamatan, para pimpinan OPD sudah tidak masuk kantor. Mereka lebih nyaman berada di kunker Bupati dari pada masuk kantor,   usut punya usut rupanya pelantikan atau mutasi jabatan di Poso akan segera berlangsung, pejabat terus mengekor Bupati Poso Darmin. 

Reporter: Saiful
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas