Home Palu

English Chit Chat, Latih Siswa Fasih Berbahasa Inggris

302
Yusri. (Foto: Ist)

  • SMPN 12 Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMP Negeri 12 Palu, Yusri, mengungkapkan, dalam memberikan ilmu pengetahuan Bahasa Inggris kepada para siswanya, pihak sekolah memiliki program khusus yang bernama pembinaan English Chit Chat (ECC), yang artinya bercakap dalam bahasa Inggris.

“Program ECC ini dilaksanakan dua kali dalam seminggu, yang diperuntukan untuk siswa yang memang sudah memilih program tersebut. Sebab program ini telah dimasukan dalam program minat dan bakat,” jelas Yusri, melalui ponselnya, Kamis, 5 Desember 2019. 

Kata Yusri, program English Chit Chat sangat membantu siswa untuk meningkatkan kosakata, sekaligus mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan metode non formal, sehingga siswa akan lebih enjoy dalam pembelajaran.

Selain itu, kata Yusri, sebagai pendukung program ECC, SMPN 12 Palu membentuk kelas Bahasa Inggris, dimana kelas ini hasil dari seleksi awal masuknya siswa baru.

“Untuk program jangka pendek, kami membentuk kelas Bahasa Inggris. Tetapi ke depannya, kami berharap sekolah berbasis bahasa Inggris bisa terlaksana,” kata Yusri.

Yusri mengaku, ada tiga program andalan yg masih tetap dijalankan dalam rangka pengembangan Bahasa Inggris, yaitu program ECC, English Tele-Conference, dan English Camp, yang ketiganya akan di evaluasi akhir Juni 2020.

“Untuk hasil program jangka pendek, kami akan menerapkan English Day per Januari 2020, tapi jangka panjangnya program Everyday is English harus sudah terbudaya di SMPN 12 Palu,” katanya.

Ditanya tentang perkembangan Bahasa Inggris di sekolah itu, Yusri menegaskan, sudah mengalami banyak perubahan, dari awalnya tidak suka Bahasa Inggris menjadi suka, bahkan beberapa siswa sangat antusias belajar Bahasa Inggris.

“Umumnya siswa baru sebatas paham, tapi beberapa sudah mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Yang jelas untuk program jangka panjangnya kita berharap semua siswa sudah fasih dalam berbahasa inggris, dan akan menjadi bekal mereka di masa depan,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel, Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas