Home Politik Pilkada Poso Berpotensi Hanya Tiga Pasang

Pilkada Poso Berpotensi Hanya Tiga Pasang

230
Darmin Sigilipu dan Samsuri diperkirakan bakal duel di Pilkada Poso 2020. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Pilkada Poso yang akan dihelat serentak 2020 mendatang mulai mengemuka beberapa nama, diantaranya Darmin Agustinus Sigilipu (menjabat bupati sekarang), Frani S Djaru’u, Ones Kamboji, Teddy Salawati, Damanik, Sonny Kapito, dan T Samsuri (wakil bupati Sekarang).

Dengan tampilnya kedua petahana tersebut dengan membawa pasangan masing-masing, akan membawa implikasi terjadinya pecah basis pendukung.

“Saya pastikan konstituen mereka akan terpecah dan sulit kita prediksi siapa yang diuntungkan dari perhelatan menjaring suara pada tujuan yang sama. Risiko terburuknya adalah lahirnya konstituen yang bingung kemudian mengambil alternatif memilih calon dari usungan partai lain” kata Kader Partai Berkarya, Ferdinan.

Menurutnya, beberapa partai yang ingin menyatukan perahu untuk satu usungan misalnya partai Golongan Karya (Golkar) saat ini memiliki tujuh kursi di DPRD Poso, yang diperkirakan bakal mengikut Partai Gerindra (3 kursi), Partai Berkarya (dua kursi) dan PKS (dua kursi). Jika rancangan ini terjadi koalisinya menjadi 14 kursi, untuk satu kandidat calon bupati.

“Kalau kita dari partai berkarya hampir seperti itu rancangannya,” ujar Ketua Partai Berkarya Piso, Andi Abdi Wahid.

Disebutkan, bila ini terjadi maka enam belas kursi lagi yang harus direbut bakal calon agar lolos verifikasi KPU.

Dari sisa kursi yang ada maka bisa dipastikan hanya dua calon yang harus merebut kepercayaan dari setiap partai agar mendapat perahu untuk maju Pilkada.

Pada kubu yang lain muncul pula nama partai Demokrat digadang-gadang akan mengusung Verna Gledis Ingkiriwang.

Partai pemilik lima kursi DPRD Poso ini sedang gesit membangun koalisi dengan partai Hanura, sehingga merekapun bisa mengusung jagoanya pada pilkada mendatang. Dan tertinggal sepuluh kursi partai yang tersisa yakni Nasdem, (4 kursi), PDIP (3 kursi), Perindo (1 kursi), PAN (1 kursi), PPP (1 kursi). (*)

Reporter: Masruhim Parukkai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here