Home Politik Lima Raperda, Hanya Tiga Dibawa ke Paripurna

Lima Raperda, Hanya Tiga Dibawa ke Paripurna

72
I Nyoman Muliada SE. (Foto: Acco Amir/ Metrosulawesi)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Panitia Khusus ( Pansus 1) DPRD Kabupaten Tolitoli bersama Pemerintah Daerah ( Pemda) serta OPD terkait sejak awal November 2019 telah melaksanakan pembahasan secara intensif untuk merumuskan secara teknis dan sistematis terhadap Lima buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda ) yang diajukan Pemda. Namun , setelah melalui pembahasan, dari lima Raperda hanya tiga yang disetujui dilanjutkan ke rapat paripurna.

Ketua Pansus 1 DPRD Kabupaten Tolitoli yang Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD  Tolitoli I Nyoman Muliada SE menjelaskan dari ke lima Raperda yang telah diusulkan bersama eksekutif, maka pansus 1 mengusulkan hanya  tiga   Raperda yang bisa dibawa ke persidangan lanjutan  untuk disetujui  di Paripurna. Ketigannya adalah Raperda tentang tanggung jawab sosial perusahaan, Raperda pemberdayaan dan pengembangan koperasi serta Raperda soal penyelenggaraan bantuan hukum bagi masyarakat miskin. 

Sementara untuk dua Raperda lainnya pembahasannya belum bisa diselesaikan. Keduanya adalah Raperda tentang pendiriandan investasi modal saham pada BUMD dalam bentuk PT serta Raperda tentang pendirian dan investasi setoran modalnsaham pada perseroan Terbatas Pelabuhan Dedek.  Sebab masih menunggu setelah dokumen dokumen yang di perlukan oleh  pansus 1 sudah di lengkapi dan memadai. Kata  Ketua pansus 1 yang juga menjadi Ketua Fraksi NasDem Nyoman  Muliada SE ditemui di ruang kerja Fraksi NasDem, belum lama ini.

Dia mengatakan, pada saat pembahasan lima raperda bersama OPD terkait  terjadi  proses perdebatan panjang dan alot khususnya beberapa substansi  pada sejumlah rapareda. Namun pada akhirnya hasil pembahasan tersebut menemui titik terang dan kesamaan pemahaman dengan catatan adanya perbaikan dan  peyempurnaan muatan pada materi yang substansial.

Dikatakan sebelumnya dari ke Lima raperda  yang ada, tiga di antaranya raperda hasil insiatif dewan yang sebelumnya sudah sudah melalui proses diskusi publik bersama stakholder terkait, Dijelaskan sementara untuk dua raperda berkaitan dengan perusahaan daerah adalah hasil dari usulan Pemda. Namun dari hasil pertemuan pansus 1 bersama Pemda dan jajaran direksi perusahaan daerah belum final. Hal ini disebakan Pansus 1 masih memerlukan tambahan data, di antaranya data laporan keuangan perusahaan daerah, data lengkap  gambaran secara tertulis mengenai langkah perbaikan manegemen pengelolaan BUMD oleh direksi yang baru. Sebab terdapat masalah saat BUMD tersebut ditangani direksi yaang lama. Selain itu Pansus 1 masih memerlukan referensi berupa hasil evaluasi atas rencana dan kerja Direksi yang baru dalam mengurus perusda.

Reporter: Acco Amir
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here