Home Palu

Minggu, Uji Coba Car Free Day di Jalur Dua

497
Lokasi car free day yang akan diujicobakan pada hari Minggu nanti.

Palu, Metrosulawesi.id– Warga Kota Palu dalam waktu dekat bisa menikmati car free day atau hari bebas kendaraan bermotor sebagaimana di kota-kota besar. Car free day ini tercetus melalui rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Provinsi Sulteng pada 8 November 2019.

“Uji coba atau simulasi car free day kita rencanakan pada Minggu, 1 Desember mendatang,” ungkap Plt Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulteng, I Made Sudita, kepada Metrosulawesi, Selasa, 26 November 2019.

Dia menjelaskan melalui rapat LLAJ diputuskan rute car free day yaitu di sebagian “Jalur Dua” atau jalan Moh. Yamin Palu, tepatnya di kapsul depan Gedung Jodjokodi Convention Centre hingga ke perempatan trafic light jalan Moh. Yamin, jalan Juanda, jalan Soekarno Hatta, dan jalan Veteran.

Kemudian lanjut mengitari lapangan Vatulemo yaitu jalan Balaikota, jalan Balaikota Selatan, dan jalan Balaikota Utara. Car free day akan berlangsung selama kurang lebih empat jam mulai pukul 06.00 WITA hingga 10.00 WITA.

“Sebenarnya ada beberapa jalan lain yang sebelumnya akan dijadikan titik car free day, tapi dengan sejumlah pertimbangan kita putuskan di jalur dua jalan Moh. Yamin dan jalan Balaikota Vatulemo. Pertimbangan kami salah satunya memilih jalan yang banyak dilewati kendaraan karena tujuan car free day untuk mengurangi polusi udara,” terang Sudita.

Selama car free day, arus lalu lintas kendaraan bermotor dialihkan ke jalan alternatif terdekat agar tidak melalui rute hari bebas kendaraan bermotor. Sudita mengatakan car free day di Kota Palu merupakan yang pertama untuk Sulawesi Tengah.

“Kita berharap car free day mendapat sambutan positif dari seluruh elemen masyarakat,” ucapnya.

Apabila uji coba pada 1 Desember berlangsung lancar, car free day rencananya akan dimulai pada Minggu, 8 Desember 2019. Nantinya car free day bisa dinikmati setiap akhir pekan atau setidaknya dua kali dalam sebulan. Masyarakat bisa memanfaatkan car free day untuk berolahraga dengan menggunakan sepeda atau jogging (berjalan kaki) di rute yang telah ditentukan.

Menurut Sudita, car free day selain bertujuan untuk mengurangi polusi udara, juga bertujuan sebagai sarana silaturahmi bagi sesama warga. Sebab warga yang memanfaatkan car free day untuk berolahraga akan saling bertegur sapa, khususnya sesama keluarga.

“Kalau untuk parkiran bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan car free day bisa di sekitar lapangan Vatulemo. Tapi nanti kami akan rapatkan lagi untuk pastinya pada tanggal 29  November,” tandas Sudita.

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas