Home Palu Lomba Masak Ikan untuk Umum

Lomba Masak Ikan untuk Umum

151
KONFERENSI PERS - Ketua PHRI Sulawesi Tengah Fery Taula (tengah) diapit oleh Kepala Dinas Pariwisata serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tengah saat menyampaikan konferensi pers, Rabu 20 November 2019. (Foto: Tahmil Burhanudin/ Metrosulawesi)
  • Sabtu, PHRI Gelar Seafood Festival 2019

Palu, Metrosulawesi.id – Anda ingin menguji keterampilan memasak? Bisa ikut Seafood Festival 2019, yang akan digelar pada Sabtu 23 November 2019 ini. Selain lomba masak, pada iven itu juga akan disuguhkan berbagai makanan dari ikan, dan tentu saja berbagai hiburan.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Sulteng dan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng.

Ketua PHRI Sulteng, Fery Taula kepada wartawan mengatakan, iven itu melibatkan seluruh perhotelan di Palu. Pada kegiatan ini masyarakat akan memperoleh berbagai pengetahuan cara mengolah makanan dari bahan baku ikan. Bahkan, untuk lomba masak seafood yang akan digelar, pihak panitia memastikan hanya boleh diikuti oleh masyarakat umum non profesional di bidang memasak atau chef.

“Yang penting bagaimana nantinya mereka (masyarakat) mendapatkan tips dari para chef yg kami hadirkan,” ungkap Fery, Rabu 20 November 2019.

Lewat kegiatan ini, diharapkan juga menjadi ajang memperkenalkan berbagai makanan khas nusantara maupun lokal, khususnya makanan yang terbuat dari bahan baku ikan maupun makanan seafood lainnya. Tidak hanya untuk masyarakat Sulteng, tapi juga diperkenalkan secara nasional bahkan internasional.

Kadis Pariwisata Sulteng, I Nyoman Sriadijaya pun memberikan apresiasi terkait kegiatan itu.

“Kami sangat mendukung ide dan gagasan yang sangat cerdas dari ketua PHRI Sulteng ini,” kata I Nyoman.

Ia berharap semakin banyak orang yan mengenal Sulawesi Tengah lewat Palu Seafood Festival.

Kadis Kelautan dan Perikanan, Arif Latjuba juga menyampaikan hal serupa. Ia berharap kegiatan itu dapat berjalan dengan baik.

Lewat kegiatan itu, ia ingin mengajak seluruh masyarakat untuk mengonsumsi ikan. Tidak hanya itu, ia berharap agar di iven ini masyarakat bisa tahu bagaimana cara mengolah ikan secara benar agar kandungan gizinya tetap tinggi untuk dikonsumsi.

Di kegiatan itu, Dinas yang dipimpin oleh Arif menyumbang masing-masing 50 kilogram setiap jenis ikan yang akan diolah.

“Semoga nanti masyarakat bisa lebih meningkat lagi konsumsi ikannya,” jelas Arif.

Ketua PHRI Sulteng berharap agar kegiatan ini benar-benar menjadi kesempatan bagi masyarakat umum untuk memetik pengetahuan terkait ikan dan cara mengolahnya.

“Akan ada cooking clas. Kami akan memberdayakan masyarakat, ada capacity building yang ditularkan ke masyarakat. Kami ada tanggung jawab untuk hal itu,” sebut Fery.

Selain itu, juga akan dihadirkan demo memasak oleh para chef profesional yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Kami bersepakat, bahwa masyarakat yang ikut lomba hanya boleh masyarakat umum. Ini adalah pesta rakyat. Chef restoran atau hotel akan kami diskualifikasi nantinya,” tegas Fery soal peserta yang boleh mengikuti lomba memasak nantinya.

Reporter: Tahmil Burhanudin
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here