Home Palu

Kurun 2019, Tercatat 106 Pelajar Gunakan Sabu

112
AKBP Abire Nusu. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu, AKBP. Abire Nusu, mengungkapkan, sepanjang 2019, sebanyak 106 peserta didik terjaring sebagai penyalahguna narkoba golongan satu jenis sabu.

“Ratusan peserta didik itu dari 10 SMP Negeri yang sempat terjangkau oleh BNN Kota Palu bersama Dinas Kesehatan Kota Palu. Selain itu, juga terjaring sebanyak enam orang peserta didik penyalahguna narkoba golongan satu jenis ganja, THD 20 orang, lem fox 67 orang, miras dua orang, vapor dua orang, dan rokok sebanyak 1.155 orang,” jelas Abire, di Palu, belum lama ini.

Menurut Abire, penjangkauan BNN Kota Palu bersama Dinas Kesehatan Kota Palu dilakukan secara bertahap di 10 sekolah itu.

“Tanpa sepengetahuan peserta didik, Tim Gabungan masuk ke kelas-kelas melakukan inspeksi mendadak, dengan memeriksa tas dan mengambil sampel urin peserta didik yang dicurigai, maupun yang sudah terdata sebagai penyalahguna, berdasarkan penuturan peserta didik sebelumnya yang sudah terjaring lebih dahulu,” katanya.

Kata Abire, para penyalahguna tersebut, kini juga sudah melalui tahap pembinaan dan rehabilitasi oleh Tim BNN Kota Palu maupun tim media Dinas Kesehatan Kota Palu.

“Angka tersebut menunjukan jika pelajar di Kota Palu pada posisi mengkhawatirkan, dan butuh kerjasama semua lini untuk memberikan perlindungan dari sasaran pengedar narkoba. Kalangan remaja atau peserta didik lebih rentan menjadi sasaran pengedar dan sindikat, karena mereka memiliki waktu yang cukup panjang sebagai penyalahguna narkoba,” ujarnya.

Abire mengatakan, Satgas Anti Narkoba yang sudah terbentuk dan dikukuhkan oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan di sekolah-sekolah diharapkan dapat memberikan kontribusi positif, menurunkan angka penyalahgunaan di sekolah-sekolah, baik itu penyalahgunaan narkotika maupun zat adiktif lainnya.

“Satgas sudah ada di sekolah, harapan kita, itu bisa memberikan dampak positif, bisa menurunkan angka penyalahgunaan,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas