Home Nasional

Sulteng 10 Medali plus Satu Piala ‘The Best’

162
Kontingen Sulteng menerima medali pada Fornas V tahun 2019 di Samarinda, Kalimantan Timur. (Foto: Ist/ Dok. Formi Sulteng)
  • Festival Olah Raga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) V/2019 Samarinda

Palu, Metrosulawesi.id – Perhelatan Festival Olah raga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) V tahun 2019 telah berakhir di Samarinda, Kalimnatan Timur. Kontingen Sulawesi Tengah,   patut berbangga diri, dengan menyabet 10 medali dari sejumlah cabang olah raga (cabor) yang dinaungi Federasi Olah raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI). 

Sayangnya, dari 10 medali yang direbut tersebut, kesemuanya merupakan medali perak dan perunggu. Tiga medali perak dipersembahkan dari cabor  katapel perseorangan, airsoftgun CQB, dan B’Boy on 1.

Sementara tujuh medali perunggu masing-masing disumbangkan  tonis ganda putri, ketapel beregu, airsoftgun CQB, B’Boy 5 on 5 crew beatle, B’Boy open style 1 on 1, skateboard, dan gateball beregu.

Selain meraih medali, sejumlah cabor lainnya juga mendapatkan penghargaan seperti juara     harapan pertama untuk senam kreasi perorangan, harapan kedua  Aerobic 36+, dan harapan ketiga Aerobic Instruktur Profesional.

“Kita juga dapat penghargaan tim terbaik untuk tim street soccer,” ungkap Sekretaris FORMI Sulawesi Tengah, Darmawangsah, Kamis 21 November 2019.

Tim street soccer Sulawesi Tengah dinobatkan klub terbaik dan memboyong piala. Atas capaian tim street soccer inilah, satu-satunya piala yang dibawa pulang kontingen Sulawesi Tengah.

Meskipun tanpa medali emas, perolehan medali Sulawesi Tengah di ajang olahraga rekreasi masyarakat tersebut terbilang gemilang. Pasalnya, pengurusan FORMI Sulteng yang mewadahi olaharaga rekreasi di daerah tersebut masih sangat baru, yakni sekitar tiga bulan.

“Jumlah Atlit FORMI Sulteng yang mengikuti FORNAS V Samarinda, Kaltim, 127 orang dengan mengikuti 15 cabor,” urai Damawansyah.

Tampil sebagai juara umum, diraih kontingen tuan rumah, Kalimantan Timur dengan dengan raihan 43 medali emas, 42 perak dan 64 perunggu. Di urutan kedua ditempati kontingen Jawa Timur mengumpukan 35 emas, 19 perak dan 18 perunggu, diikurti kontingen Kalimantan Selatan 20 emas, 18 perak, 13 perunggu.

Sementara kontingen Sulawesi tengah, menempati posisi 20 dari 26 provinsi yang ambil bagian pada Fornas V tahun 2019. (*)

Reporter: Tahmil Burhanudin

Ayo tulis komentar cerdas