Home Palu

Kemenag Palu Sosialisasi SI-EKA

509
SOSIALISASI - Salah satu narasumber saat mensosialisasikan aplikasi SI-EKA di hadapan sejumlah ASN Kemenag Kota Palu, Senin, 18 November 2019. (Foto: Humas Kemenag Palu)

Palu, Metrosulawesi.id – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu melalui Sub Bagian Tata Usaha Urusan Kepegawaian melaksanakan Sosialisasi Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN Kementerian Agama (SI-EKA), di Aula Kantor Kemenag Palu, Senin, 18 November 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Palu, Ma’sum Rumi, didampingi Kasubbag TU, Arman Rampadio. Sosialisasi ini melibatkan operator Madrasah (RA s/d MTS) dan KUA se-Kota Palu.

Kepala Kemenag Palu, Ma’sum Rumi, mengatakan, aplikasi itu berkaitan dengan pelaporan kinerja ASN per hari sampai per tahun. Aplikasi SI-EKA ini juga untuk menilai tunjangan kinerja. 

Ma’sum menegaskan, seluruh ASN dapat menerapkan dan mengimplementasikan penggunaan aplikasi SI-EKA sesuai dengan kinerja harian, tugas pokok, dan fungsinya masing-masing. Karena apa yang dikerjakan oleh seluruh ASN setiap hari, nantinya akan diinput ke dalam aplikasi SI-EKA dan dikontrol langsung oleh atasannya. 

“Tidak ada kata tidak, kita mesti paham. Tujuan penerapan aplikasi SI-EKA yaitu sebagai perangkat untuk mengukur kinerja pegawai, memonitoring pegawai, serta mengukur prestasi kerja pegawai Kemenag,” kata Ma’sum.

Ma’sum mengatakan, semakin terkontrolnya kinerja, maka para ASN dapat meningkatkan kinerja sesuai tupoksi masing-masing. 

“Dengan SI-EKA, kita akan meninggalkan cara lama yang masih manual, kita akan tahu siapa bekerja apa, siapa melakukan apa, dan siapa yang bekerja maksimal, dan hal ini akan mempengaruhi perolehan tunjangan kinerja (tukin), karena kadang ditemukan pekerjaan pegawai yang tidak sesuai tupoksi dan tidak rasional,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kasubbag Tata Usaha, Arman, menyampaikan, agar penerapan SI-EKA ini dapat segera dilakukan.

“SI-EKA akan di uji coba pada Desember,  dan Insyaallah akan diterapkan pada Januari tahun depan,” kata Arman.   

Bertugas sebagai narasumber, Madya Ashari dan Qadarsih, Pengelola Data Pada Sub Bag TU pada Urusan Kepegawaian. Narasumber memberikan bimbingan kepada seluruh peserta soal aplikasi SI-EKA, mulai dari masuk aplikasi, mengedit profil, mengisi kegiatan harian, bulanan, dan kegiatan tahunan. 

Reporter: Moh Fadel, Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas