Home Parigi Moutong

Personil Satgas TMMD Jadi Guru Ngaji

258
Personil Satgas TMMD 106 Kodim 1306, saat mengajarkan cara baca Quran kepada anak-anak di Desa Patingke. (Foto: Satgas TMMD 106)

Parimo, Metrosulawesi.id – Prajurit TNI yang bertugas di Desa Patingke, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, tidak semata membantu desa tersebut melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Mereka juga memberikan ilmu pengetahuan keagamaan, khususnya berdakwah dan mengaji kepada anak-anak maupun orang dewasa.

Sejumlah prajurit TNI pun diberikan kesempatan untuk mengajari warga setempat belajar mengaji di salah satu masjid.  Kegiatan itu mendapat respons positif dari warga. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa hingga orang tua pun datang dan bersedia untuk diajari mengaji oleh prajurit TNI tersebut.

‘’Kami sangat senang dan berterima kasih dengan adanya anggota TNI yang mengajari anak-anak dan warga mengaji di sini. Ini kesempatan yang sangat baik,’’ ujar salah seorang warga.

Pasiter Kodim 1306/Donggala Kapten Infanteri Sjafroni Saselah menyampaikan kalau program dakwah yang dilakukan oleh prajuritnya sebagai upaya untuk berbagi ilmu dan mendekatkan anak-anak maupun remaja ke ajaran agamanya. Pasalnya kata dia, jika anak-anak jauh dari ajaran agamanya maka akan lebih mudah terpengaruh untuk melakukan perbuatan yang tercela ataupun melanggar hukum lainnya. Menurut Sjafroni, prajurit tersebut juga bertugas untuk mengajak warga agar tidak terpengaruh dengan faham atau ajaran yang menyesatkan, termasuk diantaranya faham radikal. Saat ini banyak aliran yang mencoba masuk hingga ke pelosok desa guna mempengaruhi warganya.

“Makanya kita juga imbau masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh dengan ajakan atau faham tertentu yang bertentangan dengan agama,’’ tandasnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas