Home Sulteng Pendaftaran Mudik Gratis Natal Awal Desember

Pendaftaran Mudik Gratis Natal Awal Desember

168
Sumarno. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemprov Sulteng melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memastikan akan kembali membuka program mudik gratis dalam rangka perayaan hari raya Natal. Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Disbub) Sulteng Sumarno menerangkan pendaftaran mudik gratis akan dimulai awal Desember mendatang.

“Kemungkinan pendaftaran kita buka selama dua minggu sebelum pemberangkatan,” ungkap Sumarno di Palu, Senin, 21 Oktober 2019.

Dia mengatakan mudik gratis yang dilaksanakan sudah untuk kesekian kalinya dalam momentum hari besar keagamaan di daerah ini. Untuk mudik gratis Natal kali ini Dishub Sulteng akan memberangkatkan sekitar 500 pemudik dengan menggunakan puluhan bus.

Tujuan mudik gratis masih sama seperti sebelumnya yakni ke sejumlah kabupaten di Sulawesi Tengah. Masyarakat diimbau mempersiapkan diri dan persyaratan yang dibutukan untuk pendaftaran mudik gratis.

Saat akan mendaftarkan diri, masyarakat nantinya cukup membawa kartu tanda penduduk/Kartu Keluarga sebagai syarat pendaftaran. KTP diwajibkan sebagai syarat agar bisa memanfaatkan program mudik gratis Natal. Rencanannya pemberangkatan akan dilakukan H-5 sebelum perayaan Natal.

Sebelum pemberangkatan, Dishub bersama Perusahaan otobis (PO) akan memastikan armada yang digunakan laik jalan atau dalam kondisi baik. Mudik gratis Natal kata Sumarno wujud kepedulian Pemprov Sulteng kepada masyarakat di daerahnya.

“Mudik gratis hari raya Natal diutamakan kepada masyarakat kurang mampu dan pelajar/mahasiswa yang ingin kembali ke kampung halaman,” tandas Sumarno.

Pada mudik gratis Natal tahun 2018, Dishub Sulteng memberangkatkan sekitar 256 pemudik dengan menggunakan 32 unit bus. Adapun tujuan mudik gratis saat itu yakni Palu-Luwuk 56 orang, Palu-Tentena 48 orang, dan Palu- Morowali 32 orang. Kemudian Palu-Poso, Palu-Ampana, Palu-Morowali Utara, Palu-Tolitoli, dan Palu-Buol masing-masing 24 orang. Sementara mudik gratis dalam momentum Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019, Dishub Sulteng juga memberangkatkan ratusan orang pemudik gratis. Tujuan mudik gratis Palu-Buol, Palu-Tolitoli, Palu-Luwuk, Palu-Poso, Palu-Ampana, Palu-Tentena, Palu-Morut, dan Palu-Morowali.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here