Home Sulteng 70 Desa di Touna Bersiap Laksanakan Pilkades

70 Desa di Touna Bersiap Laksanakan Pilkades

113
Muh Nur Lasupu. (Foto: Saiful/ Metrosulawesi)

Touna,  Metrosulawesi.id – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Tojo Unauna  tahun 2019 bakal berlangsung bulan depan.  Tahun ini, sebanyak 70 desa dari 12 kecamatan se-Kabupaten Tojo Unauna akan menggelar pesta demokrasi pada 27 November 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tojo Unauna Muh Nur Lasupu, kepada wartawan Senin 21 Oktober 2019, di ruang kerjanya  menyebutkan, ada banyak tahapan dalam Pilkades Serentak ini.

Dimulai dengan tahapan persiapan, dan berakhir dengan tahapan penetapan Kepala Desa terpilih hingga pelantikan juga akan serempak. 

“Semoga Pilkades Serentak dapat berjalan aman, lancar, tertib dan kondusif. Kami juga berharap, pilkades ini dapat terkendali dan berlangsung sukses,” harap mantan Kadis Perhubungan Tojo Unauna  ini. 

Dijelaskannya, sekarang tahapan Pilkades sudah masuk 75 persen kesiapannya, namun masih ada beberapa desa terjadi protes, akan tetapi sudah dapat diselesaikan.

“Khusus desa Sandada Kecamatan Tojo ada salah seorang Kades yang mungkin dianggap bermasalah hukum, namun hal itu menjadi tanah hukum, bersangkutan telah melengkapi berkas dan oleh panitia dianggap memenuhi syarat sebagai calon kepala desa, ” tegas Nur Lasupu. 

Berikut ini tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tojo Unauna  tahun 2019 yakni,  Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa,  Penyusunan Rencana Biaya dan Tata Tertib Pilkades, Sosialisasi Pelaksanaan dan Tahapan Pilkades di masing-masing desa, selanjutnya Pendaftaran Pemilih dan Tata Cara Pendaftaran Pemilih, Validasi dan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara.

Masih dikatakan Muh Nur Lasupu, tahapan selanjutnya, Pengumuman Daftar Pemilih Sementara di Tempat Strategis yang Mudah Dijangkau Masyarakat,  Penyempurnaan DPS dan Pendaftaran Pemilih yang Belum Masuk DPS untuk Dimasukan dalam Daftar Pemilih Tambahan,  Pengumuman Daftar Pemilih Tambahan di Tempat Strategis yang Mudah Dijangkau Masyarakat serta Pengesahan atau Penetapan Daftar Pemilih Sementara dan Daftar Pemilih Tambahan Menjadi Daftar Pemilih Tetap.

Lebih lanjut dikatakan mantan Camat Unauna ini, tahapan selanjutnya,  Pengumuman Daftar Pemilih Tetap Ditempat Strategis untuk Diketahui Masyarakat, Pengumuman tentang Pendaftaran Bakal Calon Kades, Pendaftaran Bakal Calon Kades, Penelitian dan Klarifikasi Berkas Administrasi Bakal Calon Kades, Pendaftaran Bakal Calon Kades Tambahan , Penelitian dan Klarifikasi Berkas Administrasi Balon Kades Tambahan,  Persiapan dan Pengarahan Terkait Seleksi Ujian Tulis Bagi Bakal Calon Kades (Apabila Calon Lebih dari 5 Orang.

Selanjutnya Penetapan Calon Kepala Desa oleh Panitia, Pengumuman Calon Kepala Desa,  Sosialisasi Pemungutan Suara, Penyampaian Undangan Kepada Pemilih, serta  Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pilkades.
 
Usai hari H. pelaksanaan Pilkades, selanjutnya,  Panitia Pemilihan Menetapkan dan Menyampaikan Calon Kepala Desa Terpilih Kepada BPD. Selanjutnya  BPD Menyampaikan Usulan Pengesahan Calon Kepala Desa Terpilih Kepada Bupati Melalui Camat, seterusnya  ,Penetapan Pengesahan dan Pengangkatan Calon Kepala Desa Terpilih Menjadi Kepala Desa, dan tahapan terakhir dan menjadi puncak yakni  Pelantikan Kepala Desa Terpilih oleh Bupati atau Pejabat yang  ditunjuk , ungkap Muh Nur Lasupu sembari dengan tegas menyatakan Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna siap Laksanakan Pilkades serempak.

Reporter: Saiful
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here