Home Politik Suprapto Pertimbangkan Birokrat sebagai Wabup

Suprapto Pertimbangkan Birokrat sebagai Wabup

107
Suprapto Dg Situru. (Foto: Dok Metrosulawesi)
  • Pilkada Touna 2020

Palu, Metrosulawesi.id – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tojo Unauna (Touna) tahun 2020 semakin menarik untuk diikuti, sejumlah figur yang disebut-sebut bakal bertarung di Touna sejauh ini makin intens membangun komunikasi, baik sesama partai politik maupun kepada calon pasangan.

Suprapto Dg Situru yang dijagokan untuk menantang Muhammad Lahay, mengaku makin sering membangun komunikasi kepada beberapa orang sebagai calon wakil bupati. Dari beberapa nama yang sudah berkomunikasi, Suprapto menaruh perhatian serius kepada figur birokrat sebagai pendampingnya.

“Beberapa orang terus menjalin komunikasi untuk membangun kemistri. Membangun Touna perlu kolaborasi yang bagus antara politisi dan birokrasi,” tutur Suprapto belum lama ini.

Sebagai calon bupati, Suprapto berharap didampingi pasangan yang paham birokrasi. Tidak bisa dipungkiri, Aparatur Sipil Negara (ASN) bagian utama membangun daerah, khususnya Touna.

Meskipun tidak membuka jelas nama calon pendamping yang diharapkannya, tetapi Suprapto mengakui sosok birokrat sejauh ini paling berpeluang menjadi pasagannya, meskipun hal itu belum pasti.

Ditengah penjajakan nama calon wakil bupati, anggota DPRD Sulteng tiga periode itu juga terus menjalin komunikasi dengan beberapa partai politik untuk membangun koalisi. Pasalnya, empat kursi milik Partai Amanat Nasional (PAN) di Kabupaten Touna mengharuskan PAN untuk berkoalisi guna mengusung pasangan calon.

“Insyah Allah PAN memberikan rekomendasinya kepada saya selaku Ketua DPD PAN Touna. Tapi itu tidak cukup, sehingga PAN harus berkoalisi guna mengusung pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Touna,” ungkap Suprapto.

Walaupun tinggal mencari satu kursi guna melengkapi syarat pencalonan, PAN tetap menjalin hubungan koalisi dengan multi partai. Suprapto menyadari membangun Touna tidak bisa dilakukan seorang diri, tetapi perlu bekerjasama dengan banyak orang.

Suprapto optimistis akan didukung lebih dari dua partai politik menuju Touna 01.

“Dinamika komunikasi dengan partai politik lainnya, saya optimis lebih dari dua partai bakal bekerkoalisi bersama PAN,” tuturnya.

Reporter: Elwin Kandabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here