Home Palu Sekolah Wajib Pajang Foto Presiden dan Wapres

Sekolah Wajib Pajang Foto Presiden dan Wapres

69
Ansyar Sutiadi. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi, mengatakan, memasang foto presiden dan wakil presiden Republik Indonesia merupakan hal wajib bagi lembaga pendidikan, khususnya sekolah.    

Pemasangan foto presiden dan wakil presiden sudah menjadi program sekolah, sehingga ketika ada presiden baru, otomatis mereka akan mengganti foto presiden dan wakil presiden yang ada di sekolahnya masing-masing,” kata Ansyar kepada Metrosulawesi melalui ponselnya, Minggu, 20 Oktober 2019.

Ansyar mengatakan, memajang foto presiden dan wakil presiden bukan hanya wajib, tetapi sudah menjadi program sekolah.

“Anggaran penggantian foto presiden dan wapres itu telah ada di Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dengan menyesuaikan dalam dana BOSnya,” ungkapnya.

“Presiden dan wakil presiden serta Burung Garuda adalah lambang Negara Republik Indonesia yang wajib dipasang di kantor pemerintah dan lembaga negara, termasuk lembaga pendidikan,” kata Ansyar.

Menurut dia, setiap murid harus mengetahui lambang negara Indonesia. Tak hanya lambang Burung Garuda serta foto presiden dan wapres, para murid dinilainya juga perlu mengetahui bendera Indonesia, dan setiap warga negara Indonesia (WNI) wajib menghormati lambang negara tersebut.

“Seorang murid harus tahu lambang Garuda Pancasila, presiden dan wakil presiden Republik Indonesia dan bendera merah putih yang kesemuanya adalah lambang negara, setiap warga negara RI harus menghormati lambang negara,” ujarnya.

Pantauan Metrosulawesi, beberapa toko buku di Kota Palu belum menjual foto Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin.

“Menurut salah satu pegawai toko buku di Kota Palu, foto presiden dan wapres terbaru tahun ini, masih sementara dipesan, kemungkinan setelah pelantikan baru akan dijual. Pelantikannya juga baru hari ini (kemarin-red). Kemungkinan minggu depan baru datang barangnya,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here