Home Nasional

Mahasiswa Bidikmisi Untad Juara Nasional

230
JUARA NASIONAL - Tim Esai Mahasiswa Bidikmisi Untad, Nasutra dan Heni Andrianto, didampingi Kepala Biro Akademik Untad, Rudy Gosal saat menemui Rektor Prof. Mahfudz, Kamis, 17 Oktober 2019. (Foto: Dok Humas Untad)

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) kembali mencatatkan torehan prestasi dalam ajang nasional. Kabar membanggakan kali ini datang dari mahasiswa Bidikmisi Untad yang meraih juara II kategori esai ajang Festival Bidikmisi Nasional di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar pada 8 – 13 Oktober 2019.

Atas prestasi yang membanggakan itu, Tim Esai Mahasiswa Bidikmisi Untad, Nasutra dan Heni Andrianto, asal Fakultas Ekonomi Jurusan Managemen didampingi Kepala Biro Akademik Untad, Rudy Gosal SE.,M.Si yang juga selaku Ketua Pengelola Bidikmisi Untad menemui Rektor Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP, Kamis, 17 Oktober 2019.

Pertemuan tersebut untuk bersilaturahmi sekaligus memaparkan pengalaman Nasutra dan Heni yang berhasil meraih juara II. Nasutra dan Heni berhasil meraih juara II usai berkompetisi dengan tim mahasiswa Bidikmisi lainnya dari 54 perguruan tinggi se-Indonesia.

“Saya sebagai Rektor Universitas Tadulako merasa bangga dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pencapaian mahasiswa Bidikmisi Untad yang telah berhasil mengukir prestasi membanggakan di tingkat nasional,” ucap Prof Mahfudz.

Ajang Festival Bidikmisi Nasional mengusung tema “Inovasi Awardee BidikMisi Sebagai Bentuk Kontribusi Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 ”. Adapun Tim Esai Untad mengangkat topik tentang logistik cerdas untuk para petani agar mendapatkan keuntungan yang baik saat melakukan transaksi dengan pengepul.

Baru-baru ini, mahasiswa Teknik Sipil Untad juga kembali menorehkan prestasi gemilang dalam kompetisi tingkat internasional pada 11-13 September lalu. Tim Untad dalam ajang tersebut keluar sebagai juara melalui tim Tarsius Jaya dan Tarsius Junior.

Tim Tarsius Jaya yang terdiri atas Hendra S, Suhri dan Muh Agung berhasil meraih juara 1 dalam International roof truss design competition kategori most innovative design dalam ajang yang diselenggarakan oleh Universitas Gajah Mada (UGM) di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri, UGM.

Lomba ini mengusung tema application of steel roof truss to accelerate the process of reconstruction of damaged residential area caused by national disaster. Tim Untad yang dibimbing oleh Dr. Ir. Anwar Dolu, ST, MT, IPM dan Atur P.N Siregar, Ph.D berhasil membuat inovasi rancang bangun ketekniksipilan yaitu rancang kuda-kuda baja untuk mempercepat perbaikan pasca bencana. Dalam kompetisi itu, tim Tarsius Jaya harus bersaing dengan 17 finalis dari berbagai universitas asal Indonesia dan Malaysia. Tim Untad lainnya yaitu Tarsius Junior yang terdiri atas Ashabul Kahffi, Isworo Yulimas dan Isa Hanif Emeraldi berhasil meraih peringkat keempat dalam ajang yang sama.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas