Home Sulteng Longki: Kalau Tidak Cukup, Urus Sendiri Saja

Longki: Kalau Tidak Cukup, Urus Sendiri Saja

258
Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola saat ditemui sejumlah wartawan pada acara penyerahan bantuan bagi penyintas bencana di Kelurahan Balaroa. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)
  • Dana Stimulan

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola menyebutkan, tidak menutup kemungkinan masyarakat penerima dana stimulan perbaikan rumah dengan anggaran yang dialokasikan tidak muncukupi. Untuk itu, Gubernur Sulteng meminta kebesaran hati para penerima dana stimulan untuk mengalokasikan uang pribadi, sehingga rumah yang terdampak bisa berdiri seperti sebelum bencana terjadi.

“Kalau tidak cukup, kurang, ya urus sendiri saja. Itukan juga bisa punya potensi lebih. Ya, kalau lebih, itu sudah ‘terima kasih’, tidak perlu dikembalikan. Artinya apa? artinya balance, kalau soal lebih dan kurang itu,” tutur Gubernur, belum lama ini.

Ia mengungkapkan, penyaluran dana stimulan tahap II senilai Rp1.9 triliun tersebut pada Jumat, 18 Oktober 2019 sudah sampai kepada pemerintah kabupaten dan kota terdampak bencana, yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala dan Parigi Moutong (Padagimo).

“Sampai ke rekening penerima pekan depan paling lambat. Rusak berat melalui pokmas, ringan dan sedang, langsung disalurkan kepada penerima,” tuturnya.

Ia menjelaskan, sebelum masuk ke rekening penerima, akan dilakukan pendampingan, termasuk tenaga dari TNI dan Polri yang membantu proses perbaikan. Sementara itu, Longki Djanggola menyebutkan, kurang lebih jumlah anggota TNI yang diperbantukan sebanyak 600 orang, dan Polri sekitar 300 personel.

“Sedangkan, mereka tidak boleh digaji oleh pemilik rumah sesuai dengan instruksi langsung dari Panglima TNI, karena mereka sudah ada dana khusus untuk membantu masyarakat melalui rekening BNPB,” jelasnya.

Gubernur Sulteng menegaskan, tepatnya akhir Desember 2019, semua proses perbaikan rumah ditargetkan selesai.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here