Home Ekonomi Bank Mandiri Catatkan Transaksi Digital 90%

Bank Mandiri Catatkan Transaksi Digital 90%

124
Sejumlah nasabah melakukan transaksi di Bank Mandiri, Jakarta, Selasa (5/8). (Foto: Republika/ Prayogi)

Palu, Metrosulawesi.id – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mencatatkan transaksi digital saat ini sudah hampir mencapai 90%. Artinya, hanya 10% saja yang masih dilakukan melalui kantor cabang.

Hal tersebut disampaikan langsung Regional Transaction & Consumer Head Region X Sulawesi dan Maluku, Noviandhika Sukanto kepada sejumlah wartawan belum lama ini. Menurutnya, pascabencana nasabah yang datang ke bank saat ini relatif berkurang dan hanya tinggal beberapa saja yang melakukan transaksi.

“Apakah itu melalui handphone, atm maupun lewat mesin EDC. Yang penting sekarang mulai berkurang transaksi melalui kantor cabang. Sehingga, pengembangan bank Mandiri terus menambah jumlah chanel elektronik kita,” jelasnya.

Ia menyampaikan terkait dengan daerah yang jangkauan sangat jauh dari perkotaan. Bank Mandiri saat ini memberikan kebijakan yang bekerjasama dengan beberapa toko kelontong dan agen LPG. Disamping itu, melalui metode tersebut nasabah bisa juga langsung melakukan penyetoran tunai ke rekening.

“Jasa layanan sistem pembayaran dan perbankan terbatas yang tidak dilakukan melalui kantor fisik bank, namun dengan jasa Agen Bank Mandiri dan sarana teknologi. Agen Bank Mandiri adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan Bank dan bertindak atas nama Bank dalam memberikan Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Branchless Banking).

Hingga September 2019, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 4.607 jaringan kantor. Meliputi 2.632 cabang dan 1.975 jaringan mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 17.391 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus.

“Sebanyak 235.671 Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14.000,” ujarnya.

Bambang Indriatmoko selaku Area Head Bank Mandiri Palu Sulawesi Tengah menambahkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) PT Bank Mandiri Area Palu Sulawesi tengah masih berjalan dengan baik.

Secara nasional target penyaluran KUR Bank Mandiri sebesar Rp. 25 Trilyun, di Sulawesi Tengah telah menyalurkan KUR Rp. 881 Milyar sampai dengan bulan September 2019 dengan sebanyak 1.769 debitur.

“Untuk mempermudah masyarakat mengakses fasilitas KUR, Bank Mandiri berupaya berkolaborasi dengan berbagai pihak antara lain Dinas Koperasi Kabupaten/Kota/Provinsi,” terangnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here