Home Parigi Moutong Avolua Jadi Contoh Desa Layak Anak

Avolua Jadi Contoh Desa Layak Anak

64
Dinas P3AP2KB Parimo membangun Desa Layak Anak yang di dalamnya ada taman bermain layak anak. (Foto: Ist)

Parimo, Metrosulawesi.id – Kabupaten Parigi Moutong merupakan pertama di Provinsi Sulawesi Tengah menjadikan Kabupaten Layak Anak (KLA).

Berkaitan hal itu, dalam mengembangkan KLA lebih luas dan maju, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Parimo, kini membentuk program KLA sampai di tingkat desa dengan membangun Desa Layak Anak yang di dalamnya ada taman bermain layak anak.

Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan, Perlindungan Khusus Anak dan Pemenuhan Hak Anak DP3AP2KB Kabupaten Parimo, Kartikowati mengatakan, dalam rangka Kabupaten Layak Anak, tidak hanya ibu Kota Kabupaten atau Kota Parigi saja Layak Anak, tetapi sampai pada tingkat kecamatan dan desa. Sehingga DP3AP2KB membuat satu percontohan yaitu Desa Avolua menjadi Desa Ramah Anak.

“Dalam rangka pengembangan KLA hingga ke Kecamatan dan Desa, kita mencoba buat satu percontohan di Desa Avolua yaitu Desa Ramah Anak,” ungkap Kartikowati pada sejumlah wartawan, Kamis 17 Oktober 2019 di Parigi.

Menurut Kartikowati, Desa Avolua merupakan perdana dan percontohan bagi Desa lain untuk Desa Ramah Anak yaitu didalamnya pembangunan Taman Bermain Ramah Anak.

“Bangunan Taman Bermain Ramah Anak di Desa Avolua merupakan yang pertama, dan ini bisa diikuti oleh Desa Desa lain,” katanya.

Kartikowati menambahkan, bahwa bangunan taman bermain ramah anak merupakan kerja sama antara DP3AP2KB Parigi Moutong dengan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parimo, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan aparat Desa Avolua.

“Untuk diketahui, bahwa bangunan taman bermain ramah anak itu merupakan kerjasama antara DP3AP2KB Parimo dengan Dinas PUPRP dan Dinas Lingkungan Hidup serta aparat desa Avolua,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Parimo Yusnaeni, mengatakan, bahwa dengan adanya bangunan taman bermain layak anak diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka mencerdaskan anka bangsa sejak dini dan mensejahterakan keluarga.

“Pemerintah berharap, dengan adanya taman bermain layak anak ini, bisa di gunakan dengan baik untuk anak demi mencerdaskan anak dan mensejahterakan keluarga,” ungkapnya.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here