Home Palu

Danrem: Hargai Perbedaan Antara Masyarakat

128
Danrem 132/Tadulako, Kolonel Inf Agus Sasmita.(Foto: Dok Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Dalam acara doa bersama untuk negeri dengan tema merawat dan merajut NKRI di lapangan Makorem 132/ Tadulako, Jumat pekan lalu, Danrem 132/Tadulako, Kolonel. Inf. Agus Sasmita berpesan , agar selalu saling menghargai perbedaan antara masyarakat, khususnya di wilayah Sulawesi Tengah.

“Para pendiri bangsa ini dalam memperjuangkan kemerdekaan yang sekarang kita nikmati terdiri dari berbagai suku dan agama yang berbeda di nusantara ini. Mereka sama-sama merajut persatuan untuk menciptakan dan melahirkan NKRI,” ungkap Danrem, Kolonel. Agus Sasmita.

Menurutnya, sebagai generasi penerus bangsa di negara ini, harus memahami betul sejarah. Dari hal tersebut, rakyat mempunyai tanggungjawab dan misi merawat kesatuan yang sudah diwariskan oleh para pendahulu bangsa ini.

“Melalui berbagai macam ragam masyarakat yang ada di Indonesia bisa mempertanggungjawabkan fungsinya dan tugasnya, hingga kita bisa saling mengisi pembangunan, serta bersama-sama mencapai suatu tujuan,” jelasnya

“Sebagaimana yang tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea empat yaitu untuk mensejahterahkan kesejahteraan umum, menciptakan kesejahteraan rakyat, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan melindungi segenap rakyat Indonesia maupun ikut serta dalam pembelaan perdamaian dunia dibawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB),” katanya.

“Mari bersama-sama kita wujudkan hal tersebut, khususnya bagi kita yang ada di Sulawesi Tengah. Seperti diketahui wilayah ini merupakan bagian dari Republik Indonesia yang tidak luput dari dinamika perkembangan nasional berdasarkan tugas dan tanggung jawab kami sebagai TNI,” tegasnya lagi.

Demi kemajuan kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Tengah, Ia pun meminta masyarakat fokus mewujudkan perkembangan Sulawesi Tengah.

“Kita memang harus peduli dengan situasi nasional.  Tapi jangan lupakan daerah sendiri. Karena situasi nasional pasti dipengaruhi di masing-masing provinsi. Sulteng aman, damai, masyarakat sejahtera itu akan berdampak pada situasi nasional,” terangnya

Ia mengajak semua komponen masyarakat yang ada di Sulawesi Tengah untuk lebih memperhatikan kondisi di daerah ini dari pada situasi skala nasional. TNI dan Polri akan terus berupaya mengamankan, menciptakan rasa aman dan damai bagi seluruh rakyat di Sulawesi Tengah.

“Jangan kita hanya melihat apa yang terjadi di luar Sulteng, sehingga kita juga ikut terpengaruh dengan apa yang ada di sana. Mari kita bersama-sama ciptakan situasi damai di bumi Tadulako. Saya meyakini jika semua itu terwujud dengan baik, otomatis pasti daerah ini menjadi percontohan bagi wilayah lain yang ada di Indonesia,” imbaunya.

Reporter: Fikri Alihana, Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas