Home Ekonomi Siskopatuh Bank Muamalat Siap Layani Jemaah Umrah

Siskopatuh Bank Muamalat Siap Layani Jemaah Umrah

79
Bambang Haryo Nugroho. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Untuk melayani dan membantu nasabah dalam pembiayaan ibadah umrah, Bank Muamalat Cabang Palu telah menyiapkan layanan Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh).

Manager Bank Muamalat Cabang Palu, Bambang Haryo Nugroho, mengatakan, menyikapi maraknya calon jamaah umroh yang gagal berangkat karena biro travel umroh bermasalah, maka Kementerian Agama RI mengeluarkan sistem memonitoring pelaksanaan Umroh dan Haji Plus dengan nama Siskopatuh.

“Bank Muamalat Insyaallah pada Oktober ini akan live aplikasi sistem Siskopatuh tersebut, sehingga koordinasi dan kerjasama dengan semua Penyelenggara Umroh dan Haji Khusus bisa berjalan dengan baik,”katanya di Palu, Jumat, 11 Oktober 2019.

Dengan sistem ini, kata Bambang, seluruh penyelenggara umroh dan haji khusus wajib melalui Siskopatuh yang terdapat di seluruh bank syariah di Indonesia. Pihaknya juga telah bekerjasama dengan beberapa penyelenggara Umroh di Kota Palu.

“Kami dalam penyelenggaraan umroh melalui Siskopatuh, harapannya hal ini mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara umrah maupun haji khusus, karena mereka mendapatkan porsi umrah ataupun porsi haji khusus yang telah tervalidasi melalui bank syariah,” jelas Bambang.

Ia mengakui, salah satu tantangan pelaksanaan sistem ini adalah sosialisasi kepada masyarakat. Sebagai penyelengara umrah dan haji khusus, pihaknya terus berupaya untuk mendapatkan hal tesebut.  

“Dimana saat ini baru pada tahap sosialisasi kepada para penyelenggara umrah dan haji khusus serta kepada seluruh perbankan syariah di Indonesia. Maka dari itu, kami terus meningkatkan pelayanan melalui program sosialisasi,” tutupnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here