Home Parigi Moutong

TMMD, Jaga Kekompakan TNI dan Warga

141
Personil Satgas TMMD ke 106 makan bersama dengan warga masyarakat. (Foto: Satgas TMMD)

Parimo, Metrosulawesi.id – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 oleh Kodim 1306/Donggala di Desa Patingke,Ogoalas dan Lombok, Kecamatan Tinombo tidak hanya membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa tertinggal. Lebih dari itu, program andalan Mabes TNI ini menjadi wadah untuk mempereat hubungan emosional warga dengan TNI.

Dansatgas TMMD 106 Kodim 1306/Donggala, Kolonel Infanteri Widya Prasetyo mengatakan program TMMD sesungguhnya memiliki banyak fungsi dan tujuan. Terlepas dari tujuan membantu memperbaiki kesejahteraan masyarakat, juga sesungguhnya menjadi wadah untuk semakin mempereat hubungan masyarakat dengan TNI.

“Ini menjadi jembatan perekat antara TNI dan warga masyarakat. Ajang ini dimanfaatkan untuk lebih dekat dengan masyarakat,’’ tekannya.

Dandim menyampaikan dalam program TMMD ke-106 ini memang dinilai agak berbeda sebelumnya. Salah satu cara untuk mempererat hubungan anggota TNI dengan masyarakat adalah dengan menempatkan 150 anggota satgas itu ke rumah warga. Satgas TMMD ini memang tidaklah ditempatkan di sebuah penginapan atau tempat khusus melainkan disebar ke seluruh rumah warga.

Yang menarik dari program kali ini, sebut Dandim, setiap anggota satgas tinggal di salah satu rumah warga. Mereka tinggal dan makan bersama dengan warga.

“Makan sesuai dengan apa yang dimakan oleh warga tempatnya tinggal. Jadi tidak boleh ada yang makan lebih enak dari tuan rumahnya. Bahkan uang laukpauk anggota itu dipakai untuk biaya hidup di rumah tempat tinggalnya selama program berlangsung,’’ terangnya lagi.

Tidak hanya itu, tambahnya, setiap anggota satgas TMMD berkewajiban menata rumah tempat tinggalnya baik secara interior maupun pekarangannya.Tujuannya agar setelah selesai kegiatan TMMD, akan menjadi karya nyata dan kesan baik terhadap pemilik rumah yang ditinggalinya. Satgas TMMD ke-106 yang diterjunkan kali ini sebanyak 150 orang. Mereka disebar di tiga desa yang menjadi sasaran TMMD yakni Desa Patingke, Ogoalas dan Lombok. Dalam menjalankan program tersebut, satgas TMMD juga dibantu sedikitnya 150 warga disetiap desa setiap harinya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas