Home Nasional Sigi, Daerah Tertinggal Terinovatif se Indonesia

Sigi, Daerah Tertinggal Terinovatif se Indonesia

109
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sigi Drs. Sutopo Sapto Condro, MT. (kanan) saat menerima penghargaan juara I kategori Daerah tertinggal di ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2019, Senin, 7 September 2019. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.id – Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri menganugrahkan piagam penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2019 kepada Kabupaten Sigi sebagai daerah tertinggal yang terinovatif.

Kepala Bagian Humas dan Protokol  Sekretariat  Pemerintah Kabupaten Sigi, Ariyanto, Selasa 8 Oktober 2019 mengatakan, penghargaan tersebut terkait dengan empat program inovasi Sigi, yakni Sigi Hijau, Sigi Religi, Sigi Masagena dan Reforma Agraria.

Kata Ariyanto, sebelumnya, Bupati Sigi, Moh Irwan S.Sos.,M.Si memenuhi undangan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait presentase kepala daerah dalam rangka pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2019 pada September lalu.

Pada paparannya, kata Ariyanto, Bupati Sigi mengangkat beberapa program inovasi yang telah dilaksanakan selama ini, yaitu Sigi Religi, Sigi Hijau dan Sigi Masagena dan Reforma Agraria.

Ariyanto. (Foto: Ist)

“Setelah Bupati memaparkan program inovasi, tim penilai mengajukan pertanyaan-pertanyaan, dan dijawab dengan uraian secara detail dan seksama oleh Bupati,” terang Ariyanto.

Ia berharap, dengan perolehan IGA 2019, Kabupaten Sigi akan mendapat tambahan dana insentif daerah tahun 2021.

“Sebagai daerah tertinggal dan pascabencana, Kabupaten Sigi menunjukkan mampu menunjukkan sebagai daerah inovatif,” jelasnya.

Ariyanto mengatakan, nilai inovatif yang sudah diraih akan terus ditingkatkan dengan menginventarisir semua inovasi dari OPD.

“Karena masih banyak inovasi di Kabupaten Sigi yang belum terekspose dengan baik belum terdukung dengan regulasi. Kita menciptakan Kabupaten Sigi sebagai kabupaten ramah inovasi,” tuturnya.

Diketahui, selain Sigi, daerah perbatasan terinovatif adalah Nabire. Sedangkan Kabupaten terinovatif Banyuwangi, Kota terinovatif adalah Denpasar, dan provinsi terinovatif : Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Barat, DKI Jakarta serta Riau di posisi kelima.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here