Home Politik DPRD Sulteng Rapat Maraton Tuntaskan Tatib

DPRD Sulteng Rapat Maraton Tuntaskan Tatib

59
Pansus Tatib DPRD Sulteng rapat maraton menuntaskan penyusunan Tatib DPRD Sulteng. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Sejak hari Kamis 3 Oktober 2019, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) rapat maraton menuntaskan penyusunan draf Tata Tertib (Tatib) DPRD. Rapat maraton dilaksanakan karena waktu yang diberikan terbatas untuk menyelesaikan Tatib.

Untuk segera menuntaskannya, Panitia Khusus (Pansus) Tatib yang dipimpin Alimuddin Paada, membahas Tatib hingga malam hari, sebagaimana yang dilakukan pada Selasa 8 Oktober 2019 kemarin.

Banyak pasal yang menjadi perdebatan Pansus dalam membahas Tatib, tidak jarang selisih paham sesama anggota Pansus dalam menafsirkan satu pasal. Alotnya pembahasan Tatib karena menyangkut ritme kerja anggota dewan periode 2019-2024.

Pada pembahasan kemarin, pasal berkaitan tenaga ahli/staf ahli menjadi salah satu fokus Pansus. Keberadaan tenaga ahli menjadi kebutuhan anggota dewan untuk membantu kerja-kerja kedewanan. Sehingga status tenaga ahli menjadi perhatian serius wakil rakyat.

Meskipun berjalan cukup alot, namun pembahasan pasal-perpasal tidak mengalami hambatan. Hanya saja, banyaknya perdebatan membuat waktu yang dibutuhkan untuk menyusun Tatib lebih panjang.

Ketua DPRD Sulteng, Nilam Sari Lawira, yang turut serta dalam pembahasan Pansus selalu mengingatkan agar anggota Pansus dapat menyelesaikan pembahasan sesuai komitmen, yakni tidak lewat dari waktu yang ditentukan.

“Tatib ini masih harus dikonsultasikan dulu ke Kemendagri, sehingga pembahasannya perlu dipercepat. Selain Tatib, agenda DPRD sudah banyak menunggu didepan, sehingga semua harus selesai tepat waktu agar tidak ada agenda yang tertunda,” tutur Nilam Sari, kepada wartawan Selasa kemarin.

Dirinya mengapresiasi kerja-kerja Pansus yang kerja hingga malam hari.

Menurutnya upaya itu sebagai komitmen anggota dewan dalam menuntaskan pekerjaan tepat waktu.

“Bila sudah selesai, Tatib ini akan kami kosultasikan dulu,” tegasnya.

Reporter: Elwin Kandabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here