Home Palu

MAN IC Palu Raih Akreditasi A

203
Soim Anwar. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Palu menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih nilai Akreditas A (Unggul) dengan nilai 94 dari Badan Akreditas Nasional (BAN) dengan Nomor Keputusan: 749/BAN-SM/SK/2019.

Kepala MAN IC Kota Palu, Soim Anwar mengatakan, keberhasilan itu tak lepas dari kerjasama TIM Akreditasi MAN IC Kota Palu yang senantiasa bersinergi satu sama lain dalam menghadapi delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang dipersyaratkan.

“Delapan standar itu kami lolos, pertama, standar Isi meraih nilai 95, kedua, standar Proses meraih nilai 93, ketiga Standar Kompetensi Lulusan meraih nilai  93, kemudian keempat Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan meraih nilai  92, kelima, Standar Sarana dan Prasarana meraih nilai 95, keenam, Standar Pengelolaan meraih nilai  90,” kata Soim di Palu, belum lama ini.

Selanjutnya kata Soim, Standar Pembiayaan meraih nilai  99, dan kedelapan, standar penilaian Pendidikan meraih nilai  97. Maka nilai akhirnya adalah 94 dengan ditetapkan MAN IC Palu meraih predikat peringkat A atau unggul.

“Walaupun MAN IC Kota Palu tergolong masih baru alias pendatang baru di Kota Palu, Sulawesi Tengah, namun Madrasahnya telah mampu bersaing dengan sekolah atau madrasah lainya di Sulteng, baik dari sisi akademik maupun kegiatan-kegiatan lainnya,” ujarnya.

Kata dia, siswa yang tamat dari MAN IC Palu banyak yang lulus di perguruan tinggi ternama di tanah air.

“Dari 55 siswa angkatan pertama tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 32 siswa, ada yang diterima di Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Bandung, UNSUD, UNG, UNTAD, UNHAS, Universitas Mercubuana, UIN Sunan Kalijaga, UIN Malang, dan Perguruan Tinggi Negeri dan Islam lainnya,” ungkapnya.

Kata Soim, semuanya dapat terwujud atas kerja keras, kerja ikhlas dan semangat yang tak terkira dari semua pemangku kepentingan.

“Doa dan support yang luar biasa dari orang tua siswa, pihak Kementerian Agama, baik dari Kementerian Agama RI melalui Dirjen Pendis, Direktorat KSKK Madrasah, Kanwil Agama, dan Kementerian Agama Kota Palu,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas