Home Palu Karya Tulis Ilmiah SMPN 1 Palu Lolos ke Nasional

Karya Tulis Ilmiah SMPN 1 Palu Lolos ke Nasional

178
Farida Batjo. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Negeri 1 Palu kembali menorehkan prestasi, kali ini siswanya berhasil mewakili Sulawesi Tengah untuk mengikuti ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Malang.

Kepala SMPN 1 Palu, Farida Batjo mengatakan, prestasi yang diraih itu tentunya berkat guru pembinanya, yang mendorong peserta didik untuk melihat masalah-masalah di lingkungan sekolah, sehingga bisa dituangkan dalam suatu karya tulis, dengan tujuan mengurangi permasalahan di lingkungan tersebut.

“Salah satu judul karya tulis ilmiah yang menarik adalah Kunci Pintu Toilet Umum Otomatis Berbasis Sensor PIR (Passice Infra Red), kemudian Sedotan Sehat Berbahan Dasar Tepung Kelor, yang merupakan salah satu solusi pengurangan limbah plastik, kedua karya tulis SMPN 1 Palu ini berhasil lolos dalam seleksi tersebut,” kata Farida di Palu, Kamis, 3 Oktober 2019.

Menurut Farida, siswanya cukup cerdas dan penuh dedikasi, karena dapat melihat salah satu yang perlu diatasi di lingkungan sekolahnya, yakni kunci toilet umum serta pengurangan limbah plastik.

“Kami sangat bangga, karena dalam seleksi lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional ini tidaklah gampang, sebab dari 110 judul karya ilmiah yang di setor oleh sejumlah sekolah di Indonesia, dua judul karya ilmiah SMPN 1 Palu berhasil lolos di urutan 10 besar,” ujarnya.

Farida mengatakan, kedua tim dari SMPN 1 Palu yang berhasil lolos di tingkat nasional akan dipersiapkan sebaik mungkin, agar dapat meraih yang terbaik di ajang lomba nanti.

“Prestasi ini tentunya tidak luput dari dukungan dewan guru serta orang tua siswa. Kami pihak sekolah selalu memberikan ruang kepada orang tua untuk mengontrol langsung anaknya di sekolah,” ungkapnya.

Kata Farida, begitu banyak tahapan-tahapan yang dilewati siswanya hingga lolos ke tingkat nasional itu, diantaranya mengunjungi perpustakaan, langsung melihat limbah-limbah plastik.

“Olehnya itu prestasi yang diraih mereka merupakan kebangaan untuk SMPN 1 Palu, kami berharap di tingkat nasional bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi,” harapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here