Home Politik Anggaran Pilgub Sulteng Disepakati Rp158 Miliar

Anggaran Pilgub Sulteng Disepakati Rp158 Miliar

54
Tanwir Lamaming. (Foto: Ist)
  • Anggaran Honor PPK-PPS Paling Besar

Palu, Metrosulawesi.id – Setelah beberapa kali melaksanakan pertemuan, Pemprov Sulteng dan KPU Sulteng akhirnya menyepakati besaran anggaran Pilgub Sulteng 2020.

“Pertemuan hari ini (Jumat 4 Oktober 2019) disepakati anggaran untuk Pilgub Sulteng 2020 sebesar Rp 158 miliar,” kata Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming kepada Metrosulawesi, sesaat seusai rapat.

Pertemuan membahas anggaran dihadiri Sekretaris Provinsi Sulteng yang juga Ketua TAPD Sulteng, Hidayat Lamakarate. Dari KPU Sulteng dihadiri Ketua KPU Sulteng dan dua komisioner lainnya, serta Sekretaris KPU Sulteng. Pertemuan dilaksanakan di ruang Sekprov Sulteng.

Jika mengacu pada Peraturan KPU Nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada 2020, maka seharusnya penandatanganan NPHD paling lambat Selasa 1 Oktober 2019.

“NPHD (Nota Perjanjian Hibah Daerah) diharapkan secepatnya ditandatangani, paling lambat Senin 7 Oktober 2019. Sebenarnya sudah bisa diteken NPHD, tapi karena kan hari libur,” kata Tanwir.

Dia mengungkapkan, awalnya diajukan anggaran Rp232 miliar. Tetapi, setelah dilakukan rasionalisasi bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Sulteng, ketemu di angka Rp158 miliar.

Dia menjelaskan, dari Rp158 miliar yang sepakati tersebut, honorarium adhoc (PPK, PPS dan KPPS) yang paling besar menyedot anggaran yakni mencapai Rp58 miliar. Adhoc yang ditanggung melalui anggaran KPU Sulteng adalah kabupaten kota yang tidak melaksanakan Pilkada bupati/ walikota 2020.

“Awalnya kami usulkan Rp232 miliar, karena ada rencana kenaikan honor adhoc. Tapi, sampai sekarang belum ditandatangani kenaikan honorarium adhoc (PPK, PPS, PKKS). Makanya, Rp58 miliar itu masih mengacu pada honorarium adhoc pilkada sebelumnya,” kata Tanwir.

Bagaimana jika honorarium adhoc jadi dinaikkan? Tanwir belum mau berkomentar soal itu.

Reporter: Syamsu Rizal
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here