Home Morowali Pabrik Pengelohan Sawit Dibangun di Morowali

Pabrik Pengelohan Sawit Dibangun di Morowali

363
BANGUN PABRIK - Anggota DPR RI terpilih Anwar Hafid didampingi Bupati Morowali Taslim, melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik pengelohan kelapa sawit di Morowali, Senin 16 September 2019. (Foto: Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Morowali, Metrosulawesi.id – Bangunan pabrik pengelohan kelapa sawit di Desa Topogaro, Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali telah berada dalam tahap pengerjaan. Pembangunan pabrik diawali dengan peletakan batu oleh Bupati Morowali Taslim beserta anggota DPR RI terpilih Anwar Hafid.

Direktur PT Bukit Jejer Sukses (BJS), Purbo Kuncoro, mengaku sangat optimis, bila bangunan gedunya sudah selesai, pabrik pengolahan kelapa sawit akan bisa langsung dioperasionalkan. Ketersedian bahan baku juga menjadi harapan bila pabrik sudah difungsihkan.

“Bila telah beroperasi, secara otomatis antara pabrik dan petani akan terjalin kerjasama. Dengan kemitraan itu, kita dapat memfasilitasi pupuk dan teknologi serta supervisi, sehingga petani menjadi petani yang profesional,” jelas Purbo Kuncoro kepada wartawan di acara peletakan batu, Senin 16 September 2019.

Kehadiran pabrik kata Kuncoro, dapat membuka peluang bagi para petani, tidak hanya petani di Kabupaten Morowali, tapi juga sangat memungkinkan petani yang berada luar Morowali. Begitupula sumber bahan baku, bisa diambil dari Kabupaten Morowali Utara dan juga dari daerah Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Pabrik pengolahan sawit ini, dibangun di atas areal seluas 100 Ha dan kapasitasnya bisa mencapai 60 ton per jam. Berarti dalam satu hari kapasitasnya 1.200 per ton. Pabrik ini juga mendukung mewujudkan misi

“Morowali Sejahtera Bersama” yang digagas oleh Pemkab Morowali sekarang ini,” ungkapnya.

Di pabrik itu nantinya akan ada yang namanya suplayer serta pemungsian koperasi-koperasi. Dan yang menjadi suplayer bisa dari petani, lembaga maupun perusahaan, disediakan sekitar lima atau enam suplayer atau koperasi.

“Target bulan September 2020 pabrik akan dioperasikan dan kemungkinan bisa dipercepat yakni bulan Mei 2020. Kita akan melakukan pengolahan secara profesional, sehingga tidak kalah dengan pabrik yang lain,” ujar Kuncoro.

Peletakan batu pertama pembangunan pengelohan pabrik sawit disaksikan juga oleh beberapa pejabat Pemkab Morowali dan pihak perusahaan PT. Bukit Jejer Sukses serta masyarakat Desa Topogaro, Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here