Home Sigi Kementerian ESDM Salurkan 2.607 Lampu di Kulawi dan Pipikoro

Kementerian ESDM Salurkan 2.607 Lampu di Kulawi dan Pipikoro

70
Bupati Sigi, Moh Irwan, S.Sos.,M.Si pada acara sosialisasi pemakaian dan pemeliharaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), di Desa Peana, Kecamatan Pipikoro, Selasa, 17 September 2019. (Foto: Humas Pemkab Sigi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Bupati Sigi, Moh Irwan, S.Sos.,M.Si, membuka sosialisasi pemakaian dan pemeliharaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), di Desa Peana, Kecamatan Pipikoro, Selasa, 17 September 2019.

Pemerintah melalui Ditjen  Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumberdaya Daya Mineral (ESDM) menyediakan LTSHE untuk Kabupaten Sigi sebanyak 2.607 unit LTSHE yang tersebar di dua kecamatan yakni Pipikoro dan Kecamatan Kulawi.

“Program ini  merupakan salah satu Nawacita Bapak Presiden Jokowidodo, Menuju Indonesia Terang,” ujarnya.

Penyediaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi diperuntukan bagi masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik Khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah terpencil, wilayah perbatasan daerah tertinggal dan terisolir.

Moh Irwan menyampaikan bahwa pogram ini merupakan program pemerintah pusat yang memberikan secara gratis LTSHE kepada penerima sesuai prosedur yang telah ditetapkan. “Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum tersambung dengan jaringan Tenaga Listrik,”katanya.

Ia berharap, bagi masyarakat penerima LTSHE untuk dapat memelihara dan merawat apa yang telah diberikan dan tidak memperjualbelikan atau memindahtangankan kepada pihak lain.

Pada kesempatan tersebut, Moh Irwan menyerahkan secara simbolis LTSHE kepada Kepala Desa Morui, Peana dan Poluroa. Bantuan berupa peralatan perbengkelan kepada kelompok binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sigi.

Disela kegiatan, juga ada penyerahan piagam penghargaan kepada tim yang telah melakukan peninjauan tapal batas Desa Kalamanta, Kecamatan Pipikoro, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah  dengan Dusun Parawaleang, Desa Marante, Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Menandatangani  berita acara penyerahan akses internet di Kecamatan Pipikoro. Penyerahan piala bagi pemenang lomba mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kecamata Pipikoro. Hadir pula pada kegiatan  tersebut Kepala Cabang Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tengah, Doni Iwan Setiawan, KSO dari PT Len Industri Persero Bandung Jawa Barat, PT Adyawinsah and Power, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, diantaranya Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran, Andi Wulur, PJ Kepala Dinas Kesehatan, Roland Franklin, Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM, Samuel Pongi, Sekertaris Dinas Kominfo Kabupaten Sigi, Kepala Bagian SDA, Kepala Bagian Humas, Perwakilan Polres Sigi, Babinsa, Babinkantipmas serta masyarakat Kecamatan Pipikoro.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here