Home Palu Kelurahan Balaroa Terima Bantuan Empat Kendaraan Pengangkut Sampah

Kelurahan Balaroa Terima Bantuan Empat Kendaraan Pengangkut Sampah

50
Rahmansyah. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Untuk menunjang kinerja Pemerintah Kota Palu dalam program Gali Gasa, Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat menerima bantuan empat unit kendaraan pengangkut sampah, Rabu, 18 September 2019.

Lurah Balaroa, Rahmansyah menjelaskan, tiga unit akan diserahkan ke wilayah yang berdekatan dengan pasar tradisional Inpres Manonda. Menurutnya, kendaraan itu diperlukan untuk mengangkut sampah milik warga yang berada di lorong-lorong.

“Ini merupakan program bantuan dari Pemerintah Kota Palu untuk setiap kelurahan yang dananya sebesar Rp352 juta,” jelasnya.

Kata dia, ada dua program dalam pengelolaan dana bantuan yaitu pemberdayaan masyarakat dan infrastruktur.

“Dan program yang ditawarkan kepada Kelurahan Balaroa ialah program pemberdayaan masyarakat,” katanya.

“Untuk retribusi petugas kebersihan wilayah kelurahan, kita akan mensosialisasikan kepada masyarakat. Kemudian akan dibentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) untuk ke depan digunakan sebagai pembayaran dari petugas kebersihan,” katanya.

Kata dia, kendaraan pengangkut sampah tersebut sangat dibutuhkan, karena mobil pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tidak bisa masuk ke jalan  yang sempit. Maka dari itu, diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengatasi masalah sampah.

“Dari retribusi sampah itu juga akan digunakan sebagai biaya pemeliharaan kendaraan jika terjadi kerusakan. Dikarenakan pemerintah tidak menganggarkan biaya kerusakan,” ungkapnya.

Ia mengatakan bantuan tersebut baru direalisasikan Pemerintah Kota Palu  pada 2019 ini. Pihaknya berharap ke depan bantuan serupa kembali diberikan.

“Kita hanya tinggal melaporkan saja apa yang dibutuhkan masyarakat,” katanya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here