Home Palu Mobil Hemat Energi Karya Mahasiswa Untad

Mobil Hemat Energi Karya Mahasiswa Untad

59
FOTO BERSAMA - Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Sagaf, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Lukman, foto bersama Tim Untad yang akan mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 di Universitas Negeri Malang pada 24-28 September mendatang. (Foto: Dok Humas Untad)
  • Siap Berkompetisi Tingkat Nasional

Palu, Metrosulawesi.id – Mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tadulako (Untad) membuktikan kemampuan akademiknya melalui karya mobil hemat energi yang diciptakan hanya dalam satu bulan saja.

Hal ini terungkap saat pelepasan mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Untad yang akan berkompetisi dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 di Universitas Negeri Malang yang akan digelar pada 24-28 September mendatang.

Tim Untad dilepas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Sagaf, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Lukman, Dekan Fakultas Teknik beserta Wakil Dekan, Ketua Jurusan Teknik Mesin serta perwakilan Mahasiswa Teknik Mesin Untad di pelataran Rektorat Untad, Jumat, 13 September 2019 lalu.

Karya mahasiswa Teknik Mesin Untad itu dipastikan siap berkompetisi dalam ajang KMHE tahun ini. Keikut-sertaan mahasiswa Untad tahun merupakan ke tujuh tujuh kalinya dalam ajang KMHE. KMHE merupakan program tahunan yang diadakan oleh Kemenristekdikti melalui Direkrorat Belmawa.

Pertama kali Untad ikut ajang ini pada tahun 2013 lalu, yang saat itu menjadi satu-satunya perwakilan perguruan tinggi dari Indonesia Timur. Pembina Otoriter Mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Untad, Mohammad Amin Tadji, menuturkan timnya berhasil menciptakan dua mobil hemat energi berbahan bakar dan tenaga listrik.

Dua mobil hemat energi  itu dibuat dalam kurun waktu satu bulan bersama 6 perakit dan 7 tim teknisi lainnya. Saat dilakukan uji coba, mobil hemat energi rakitan dapat menempuh sekitar 155 KM dengan satu liter bensin saja. Sedangkan untuk mobil listrik sendiri, energi yang digunakan adalah baterai 48 volt dan motor 1.000 watt yang dapat menempuh 120 KM apabila dicas kurang dari satu jam saja.

Wakil Rektor Untad, Dr Sagaf, mengapresiasi dan mengaku bangga kepada tim mahasiswa Untad yang telah maksimal dalam merancang mobil hemat energi yang akan berlaga tingkat nasional di Malang.

“Universitas akan mendukung secara penuh tim mahasiswa yang akan berangkat mewakili Untad serta mendoakan yang terbaik. Kami berharap dapat mengukir prestasi dalam Kontes Mobil Hemat Energi 2019 di Universitas Negeri Malang,” ujar Sagaf.

Reporter: Michael Simanjuntak, Moh Fadel
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here