Home Pendidikan 500-an Pelajar SMP se Sulteng Ikuti Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela...

500-an Pelajar SMP se Sulteng Ikuti Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara di Yonif 711/Rks

415
Para pelajar SMP se Sulawesi Tengah mengikuti Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara di Markas Yonif 711/Raksatama Palu. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama TNI menggelar Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara bagi siswa-siswi SMP se Sulawesi Tengah di Markas Yonif 711/Raksatama Palu, Sulawesi Tengah, Kamis 12 September 2019. Kegiatan tersebut, merupakan menindaklanjuti program Nawa Cita yang digagas Presiden RI Jokowi, yakni revolusi mental.

Pelaksanaan Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara bagi pelajar di Sulawesi Tengah, . Merupakan kota keempat. Sebelumnya kegiatan serupa dilaksanakan di Jawa Timur, Kalimantan dan Bima.  

Danyonif 711/Rks, Letkol Inf. Fanny Pantouw, M.Tr.Han.,M.I.Pol, kepada Metrosulawesi.id, mengatakan pihaknya berharap, dengan kegiatan ini dapat memberikan kedekatan, sehingga adik-adik pelajar dapat lebih tahu apa itu Bela Negara dan apa itu Pancasila sehingga dapat menjadi potensi-potensi bangsa kedepannya.

Para pelajar peserta Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara , latihan militer di Markas Yonif 711/Raksatama Palu. (Foto: Ist)

“Anak-anal ini merupakan generasi penerus bangsa, ingat bahwa remaja masa kini adalah pemimpin di masa depan,” tandas Fanny Pantouw.

Di hadapan para siswa-siswa SMP se Sulawesi Tengah, Fanny Pantouw, mengingatkan para pelajar sebagai generasi penerus bangsa. Bahkan, ke depan menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

“Jadi,  bekali diri kalian dengan ilmu yang bermanfaat sehingga kalian akan membawa negara ini menjadi negara yang maju,” pinta Fanny Pantouw.

Sementara itu, Mega   selaku Dirdik SMP Kemendikbud RI, menyampaikan tujuan dari kegiatan ini, adalah untuk memupuk rasa cinta tanah air dan nasionalisme kepada pelajar  usia Sekolah Menengah Pertama.

Dipilihnya  lokasi kegiatan di luar sekolah, kata Mega, setidaknya memberikan suasana baru bagi pelajar. Sebab, para pelajar  apabila hanya menerima materi  saja di dalam kelas kurang efektif. Olehnya itu, para pelajar  bawa keluar agar mereka dapat berinteraksi langsung dan lebih bersemangat.

“Selain diberikan materi Pancasila dan Bela Negara, dalam kegiatan ini  juga ditampilkan peragaan berbagai permainan untuk meningkatkan kecintaan siswa terhadap negara.  Pertunjukan ketangkasan prajurit berupa demonstrasi bela diri militer dan pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista),” jelas Mega.

Peserta Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara melihat persenjataan yang dimiliki TNI AD di Markas Yonisf 711/Raksatama Palu. (Foto: Ist)

Meski cuaca Kota Palu panas, ratusan siswa-siswa SMP se Sulawesi Tengah, yang mengikuti kegiatan ini, tampak antusias dan penuh semangat.

Seperti diungkapkan Made dari SMP Madani Palu, dirinya  sangat senang dapat mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya senang, dengan kegiatan ini,  Saya bisa melihat lihat senjata, makan dan out bond. Terima kasih bapak TNI 711,”ucapnya.(*)

Reporter: Djunaedi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here