Home Buol Jadwal Gelar Budaya Sulteng Dimajukan

Jadwal Gelar Budaya Sulteng Dimajukan

48
Rachman Ansyari. (Foto: Dok Pribadi)
  • Digelar 8 Oktober 2019, Bersamaan dengan HUT Kabupaten Buol

Palu, Metrosulawesi.id – Jadwal pelaksanaan Gelar Budaya Daerah Indonesiana tahun 2019 di Sulawesi Tengah di Kabupaten Buol dimajukan. Sesuai rencana sebelumnya digelar 18-21 Oktober, dimajukan pada tanggal 8 Oktober 2019.

Perubahan tanggal pelaksanaan iven kedua tersebut disesuaikan dengan momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Buol.

‘’Perubahan jadwal ini karena ada permintaan Pemerintah Kabupaten Buol melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buol, agar pelaksanaan gelar budaya bersamaan dengan peringatan HUT Kabupaten Buol,’’ kata Kabid Kebudayaan, Dinas Dikbud Sulteng, Dr Rachman Ansyari, Rabu, 11 September 2019.

Dia mengatakan, Dinas Dikbud Sulteng selaku panitia provinsi menyahuti permintaan tersebut. Menurutnya, meski jadwalnya dimajukan, namun durasi waktu pelaksanaannya tetap sama, yakni 4 hari. Jadi dimulai tanggal 8 Oktober sampai 11 Oktober 2019.

Rachman mengatakan, pihaknya hingga kini terus mematangkan persiapan agar iven kebudayaan tersebut berlangsung sukses. Terkait itu, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Buol mengundang panitia provinsi untuk mengoordinasikan semua persiapan antara panitia provinsi dan panitia kabupaten.

‘’Mekanisme pelaksanaannya juga kita sinkronkan dengan panitia kabupaten. Sehingga pelaksanaannya benar-benar lancar dan sukses,’’ kata Rachman.

Diberitakan sebelumnya, Gelar Budaya Indonesiana 2019 di Kabupaten Buol mengambil tema ‘’Mongunom Rlipu’’ atau perbaikan negeri. Berbagai kegiatan turut meramaikan iven tersebut, seperti pawai budaya Sulawesi Tengah, Pameran Sejarah dan Purbakala se Sulawesi Tengah, Pagelaran Seni Pertunjukan, Kunjungan ke Sekolah di Kabupaten Buol, serta Workshop Seni Pertunjukan. Tidak hanya seluruh kabupatan dan kota di Sulteng yang ikut dalam Gelar Budaya, tetapi juga dari provinsi lain. Tercatat daerah lain yang menyatakan ikut berpartisipasi masing-masing Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara (Bolaang Mongondow), dan Provinsi Gorontalo.

Reporter: Syahril Hantono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here