Home Ekonomi PT Pos Launching Pos Express Sameday Delivery-Q9

PT Pos Launching Pos Express Sameday Delivery-Q9

77
Kepala Kantor Pos Palu Sulteng, Jahja AK Tueka saat memimpin apel pagi di Halaman kantor pos Palu Jalan Professor Moh.Yamin. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pada era globalisasi seperti sekarang ini pertumbuhan ekonomi dan dunia bisnis berjalan dengan sangat cepat. Untuk itu, PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Sulawesi Tengah melaunching atau memperkenalkan produk terbarunya yakni “Pos Express Sameday Delivery-Q9” kepada masyarakat.

Kepala Kantor Pos Palu Sulteng, Jahja AK Tueka menjelaskan seiring dengan bertumbuhnya ekonomi, begitu pula dengan persaingan dalam dunia usaha itu sendiri. Menurutnya, secara bisnis kondisi saat ini bukan hanya persoalan persaingan yang sangat tajam namun juga tuntutan masyarakat yang semakin tinggi.

“Pergeseran dari perilaku masyarakat menjadi berubah seiring dengan perkembangan teknologi, di mana masyarakat sekarang ingin cepat dan mudah. Perusahaan- perusahaan dituntut untuk terus mengembangkan diri agar dapat bertahan dalam persaingan ini,” jelasnya ditemui Metrosulawesi di kantornya Jalan Professor Moh.Yamin, Senin (9/9/2019).

Lanjut dia, untuk dapat berjalan dengan lancar sebuah perusahaan harus didukung oleh Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Ia mengatakan sadar akan pergeseran lanscape bisnis yang berubah begitu cepat. Maka dari itu, PT Pos Indonesia (Persero) tentunya tidak ingin tertinggal lebih lama.

“Kami dari Pos Indonesia merespon positif pergeseran dan persaingan tersebut dengan menciptakan berbagai inovasi strategis agar mampu menjadi winner pada zona yang memang Pos Indonesia realistis menjadi winner,” katanya.

Sementara itu, jika berbicara mengenai tiga pilar e-commerce (markeplace online, e-commerce logistic, dan payment gateway), maka Pos Indonesia secara komersial adalah pada ekonomi digital. Selanjutnya, Pos Indonesia sedang melakukan proses modernisasi infrastruktur berbasis digital hal ini ditandai dengan telah diluncurkannya payment gate Way yaitu, Layanan Pos Giro Mobile dan M-Agenpos yang dapat didownload pada aplikasi playstore.

“Dimana dua dari tiga pilar tersebut adalah DNA-nya ada pada Pos Indonesia yaitu e-commerce logistic dan payment gateway. Selain melakukan proses modernisasi infrastruktur, perusahaan juga sedang melakukan re-branding, terutama pada bisnis jasa kurir,” ungkapnya.

Ia menuturkan salah satu strategi yang telah diimplementasikan adalah melalui campaign sarana kerja yang mobile yaitu pengantar pos berbasis android dan dengan sangat mudah dilihat oleh masyarakat. Sedangkan, kata Jahja, aktifitas belanja online yang sangat tinggi terutama pada kalangan masyarakat milenial menjadikan bisnis kurir dan payment gateway tumbuh signifikan.

“Pos Indonesia saat ini juga tengah fokus dan concern terhadap langkah apa saja yang akan dilakukan agar bisnis bisa bertahan ditengah persaingan yang begitu ketat, sehingga tetap mampu bertahan di masa mendatang. Menjamurnya bisnis online pada akhirnya memberikan dampak berupa munculnya Pemain-pemain kurir baru,” tuturnya.

Pos Indonesia kini telah berada pada proses perubahan dan senantiasa meningkatkan standar waktu penyerahan kiriman pos kepada si penerima agar mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat.

“Melihat kondisi tersebut dan jika tidak ingin tertinggal maupun terpuruk, mau tidak mau, suka tidak suka harus mengikuti zaman. Sekarang ini adalah zaman digital semuanya serba mudah dan cepat, tidak ada pilihan lain tentunya harus berubah,” ujarnya.

Layanan Pos Express yang selama ini standar waktu penyerahannya satu hari sampai atau nexday delivery dikembangkan menjadi sebuah produk baru yaitu Pos Express Sameday Delivery atau layanan Q9. Dengan standar waktu penyerahan kepada si penerima maksimum 9 jam sejak kiriman diposkan di loket kantor pos maupun agenpos.

“Adapun atribut produk ini diantaranya adalah, Standar Waktu Penyerahan (SWP) maksimal 9 jam sejak pengeposan di loket, Cut of Time di loket dari jam 08.00 sampai dengan 16.00 wita, menggunakan resi pengiriman menggunakan kemasan plastik untuk jenis ukuran tertentu, mendapatkan sms notifikasi, cara pembayaran dengan uang tunai/kredit, jejak lapak, COD atas permintaan pengiriman, Pick Up Service atas permintaan pengirim,” jelasnya.

Dengan diluncurkannya produk atau layanan ini diharapkan bahwa PT Pos Indonesia (Persero) bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat khususnya untuk antaran lokal dalam kota di Sulawesi dan Maluku. Seperti, Makassar, Manado, Kendari, Palu, dan Ambon.

“Sambil melihat respon masyarakat akan pula dibuka di ibu kota Kabupaten di Sulawesi Tengah terkait dengan program Pos Express Sameday Delivery-Q9,” ungkapnya.

Ia menambahkan layanan PT Pos Indonesia (Persero) terdiri beberapa produk yaitu, surat paket, jasa keuangan dan layanan terkait. Dari itu terbagi lagi menjadi beberapa bagian, seperti Pos Exprees, Kilat khusus, EMS, Admail, POSPAY, Weselpos, Giro/Peny Dana, Bank Chaneling, Ritel, serta Properti.

“Weselpos adalah layanan pengiriman uang dalam dan luar negeri dengan transmisi elektronik. Di dalamnya terdapat Weselpos Instant, Weselpos Cash to Account atau pengiriman uang ke rekening bank ATM bersama, ada pula Western Union atau pengiriman dari luar negeri maupun host to host dengan WU, serta pencairan dana dengan PIN dan MTCN,” tambahnya.

Sementara itu, GiroPos atau penyaluran dana adalah layanan penyaluran uang dari satu lembaga (pemerintah/swasta) untuk masyarakat/costumer. Dan semua terdiri dari penyaluran dana pensiun, penyaluran dana sosial dan penyaluran dana pendidikan.

Pos PAY adalah layanan yang disediakan untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam melakukan berbagi pembayaran tagihan atau angsuran.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here