Home Parigi Moutong Penerimaan CPNS 2019 di Parimo Melalui Dua Jalur

Penerimaan CPNS 2019 di Parimo Melalui Dua Jalur

4720
Kepala BKPSDM Parimo, Ahmad Saiful. (Foto: Zulfikar/ Metrosulawesi)
  • Penerimaan P3K tidak Hanya Khusus Honorer

Parimo, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Ahmad Saiful mengungkapkan, Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 di Parimo dilakukan melalui dua jalur yakni Jalur PNS dan Jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). 

“Karena itu persentasenya 70 dan 30, atau 70 persen perekrutan melalui P3K dan 30 persen perekrutan melalui PNS,” ungkap Saiful selaku Kepala BKPSD Parimo, pada Metrosulawesi di ruang kerjanya, Kamis 5 September 2019.

Dia mengatakan, kalau PNS dengan kebijakan anggaran dari pemerintah pusat, sementara untuk P3K itu kebijakan keuangannya melalui pemerintah daerah. Jadi Kabupaten Parimo ini sudah menyusun formasi kebutuhan yang sudah dilakukan Bagian Ortal Sekda Parimo melalui Analisis Jabatan.

“Karena kebutuhan itu sudah diinput ke Kemenpan-RB, sehingga saat ini kami menunggu formasi dari pusat itu untuk diberikan ke kita di daerah Parimo, dan itu kita isi untuk jabatan jabatan tertentu,” ujarnya.

Saiful mengatakan, ujian penerimaan P3K ini sama dengan penerimaan CPNS yakni ujian kompetensi, hanya saja passing grade lebih rendah dari tes CPNS.

“Sehingga, saat ini kami kurang menunggu formasi dari pemerintah pusat, berapa formasi yang akan diberikan pada Kabupaten Parimo ini, atau berapa kuota untuk PNS dan kuota P3K,” jelasnya.

Ia menambahkan, terkait dengan pembiayaan, itu sudah ada surat Pernyataan dari DPRD Parimo bahwa DPRD siap menganggarkan pembiayaan P3K. Penerimaan P3K ini tidak mengkhususkan tenaga honorer yang ada saat ini di Parimo.

“Karena guru-guru CPNS maupun non CPNS, terutama yang P3K itu, baik yang honor saat ini di kantor atau yang tidak honor, itu punya hak untuk masuk P3K maupun PNS, karena untuk penerimaan PNS di daerah kita ini biar yang dari luar daerah bisa masuk atau mendaftar PNS di sini, dan untuk penerimaan P3K hanya dikhususkan honorer maupun yang tidak, itu dikhususkan untuk yang ada di Parigi Moutong. Dan pendidikan yang dipenuhi untuk P3K itu harus S1, tetapi ada juga khusus ijazah SMK, itu untuk yang memiliki keahlian tersendiri,” katanya.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here