Home Hukum & Kriminal Tiga Terduga Teror Ditangkap di Palu

Tiga Terduga Teror Ditangkap di Palu

206
Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Lukman Wahyu Harianto. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)
  • Juga Diamankan Sejumlah Senjata dan Dokumen

Palu, Metrosulawesi.id – Personil Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri, mengamankan tiga orang di Kota Palu, yang merupakan terduga teroris. Penangkapan ke tiga orang itu dilakukan pada Selasa 3 September 2019, sekitar pukul 24.00 Wita.

Informasi yang dihimpun penangkapan itu dilakukan di Lorong Malaya, Jalan Towua, Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Ketiganya masing-masing berinisial ZA alias Enal warga Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parigi Mouotong (Parimo), ABU alias Angga dan dan ASS alias Putra—keduanya warga lorong Malaya, Jalan Towua, Kelurahan Birobuli Selatan, Kota Palu.

Ketiga terduga teroris itu diamankan di lokasi yang berbeda, ZA alias Enal diamankan di jalan Trans Sulawesi, Kelurahan Baiya, Kecamatan Taweli, Kota Palu. Sedangkan ABU alias Angga diamankan di jalan Banteng, Kelurahan Birobuli Selatan, Kecamatan Palu selatan, Kota Palu, dan yang terakhir ASS alias Putra, di amankan di lorong Malaya, Jalan Towua, Kelurahan Birobuli, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu.

Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Lukman Wahyu Harianto, kepada sejumlah awak media membenarkan adanya penangkapan terduga teroris itu. Namun, orang nomor satu di Polda Sulteng ini, belum mengetahui identitas ketiganya berserta kronologi penangkapan.

“Iya benar ada penangkapan terduga teroris, namun keterlibatannya masih perlu pendalaman,” ucapnya, Rabu 4 September 2019.

Selain mengamankan tiga orang terduga teroris, informasi yang berkembang unit khusus Polri itu, juga mengamankan sejumlah senjata dan sejumlah dokumen. Namun, Kapolda Sulteng tidak menyebutkan jenis senjata yang diamankan.

”Iya, penangkapan dilakukan oleh Densus 88. Ada dokumen dan senjata api ditemukan,” ungkapnya.

Pihak kepolisian juga masih menyelidiki ada tidaknya keterlibatan ketiga orang tersebut dengan kelompok sipil bersenjata DPO Mujahidin Indonesia Timur pimpinan Ali Kalora.

”Pada saat ini kasusnya masih didalami,” kata Kapolda menambahkan.

Terpisah, Juru Bicara Polda Sulawesi Tengah, Ajun Komisaris Besar Didik Supranoto membenarkan penangkapan terhadap tiga orang tersebut. Namun Didik mengaku belum mengetahui identitas.

“Belum tahu identitasnya dan belum tahu kronologinya, karena masih didalami. Belum bisa dikonfirmasi (ke Densus),” ujarnya.

Didik mengaku dia juga belum mendapatkan informasi soal kronologi penangkapan tersebut. Hingga kini dia masih menunggu informasi dari pihak Densus 88.

Perihal apakah ketiga orang yang diamankan itu pria dan wanita, Didik mengaku belum mengetahuinya. Dia mengatakan masih menunggu data yang akan diberikan oleh Densus 88. Hingga saat ini tiga orang itu masih diperiksa mendalam oleh Densus 88.

Reporter: Djunaedi
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here