Home Sulteng Seleksi Duta Wisata Sulteng Diikuti 36 Finalis

Seleksi Duta Wisata Sulteng Diikuti 36 Finalis

165
Salah seorang peserta menjalani proses seleksi Duta Wisata Sulawesi Tengah 2019. (Foto: Pataruddin/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Ajang pemilihan Duta Wisata Sulawesi Tengah 2019 meloloskan 36 orang atau 18 pasang dari hasil audisi, 1 September lalu. Pemilihan Duta Wisata Sulteng 2019 merupakan program Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah.

Wakil Ketua Ikatan Duta Wisata Sulawesi Tengah Nirmala Safitri mengatakan peserta yang dinyatakan lolos datang dari dua jalur yaitu jalur rekomendasi daerah masing-masing. Namun karena ada daerah yang tidak mengirim maka dibuka audisi umum dan online.

“Kalau untuk rekomendasi otomatis lolos menjadi finalis Duta Wisata Sulawesi Tengah 2019. Sebab yang rekomendasi itu merupakan juara di tiap kabupaten. Tahun ini kami ada 34 finalis dimana 12 merupakan rekomendasi kabupaten,” kata jurnalis Kompas TV Palu itu.

Tahapan selanjutnya, kata Nirmala, pada tangga 14 – 21 September 2018, seluruh finalis akan mengikuti serangkaian acara. Mulai dari Photoshoot, Opening Number, Kunjungan Wisata, materi-materi, presentasi, talent show dan Grandfinal untuk menentukan Duta Wisata Sulawesi Tengah 2019.

Kata Nirmala, peserta berusia antara 16 – 25 tahun dan merupakan gabungan siswa, mahasiwsa dan yang sudah kerja.

“Untuk korban bencana tidak ada untuk tahun ini. Namun saat pemilihan tahun lalu yang seharusnya kami adakan di 1 Oktober 2018 terpaksa ditunda di bulan November dan salah satu peserta adalah korban bencana di Jonoego merupakan perwakilan Kabupaten Sigi bernama Agnestasya Laoli. Dia berhasil meraih gelar Harapan I Duta Wisata Sulteng 2018,” kata Nirmala.

Sebelumnya, Iko Aditya dari Ikatan Duta Wisata Sulawesi Tengah mengatakan, kategori audisi yaitu persahabatan, intelejensia, presentase terbaik, sosial media, favorit, talent, dan gaun terbaik.

Sedangkan untuk penilaian selama audisi yaitu lima unsur, pengetahuan umum, pengetahuan pariwisata, keorganisasian, kepribadian, penguasaan bahasa Inggris dan bakat.

“Penilaian untuk finalis mulai saat karantina yaitu 14 September sampai malam grand final” kata Duta Wisata Sulteng 2011 itu.

Bagi yang lolos sebagai Duta Wisata Sulteng nantinya akan membantu mempromosikan pariwisata Sulteng, mengembangkan bakat dan potensi diri dari beberapa kegiatan sosoal dan budaya.

“Pemenang terpilih nantinya akan dipersiapkan untuk ajang Duta Wsiata Nasional 2020,” kata finalis Duta Intelejensia Tingkat Nasional itu.

Reporter: Pataruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here