Home Palu Pelanggaran Lalin Didominasi Lawan Arus

Pelanggaran Lalin Didominasi Lawan Arus

107
Iptu M. Abdhi Hendriyatna. (Foto: Ist)
  • Polres Palu Imbau Warga Lengkapi Surat Kendaraan

Palu, Metrosulawesi.id – Sehubungan dengan adanya Operasi Patuh Tinombala 2019, Kepolisian Resort Kota Palu mengimbau warga pengguna jalan untuk melengkapi syarat dan ketentuan berkendara, serta mematuhi rambu lalu lintas.

“Operasi Patuh Tinombala 2019 dilaksanakan mulai 29 Agustus -11 September 2019 dan diimbau warga mematuhi aturan berlalu lintas sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” kata Kasat Lantas Polres Palu, IPTU M. Abdhi Hendriyatna, S.IK, Senin, 2 September 2019.

Pada operasi yang baru 5 hari tersebut, IPTU M. Abdhi Hendriyatna, S.IK mengakui sedikitnya pengendara yang terjaring kurang lebih sekitar 400 kendara. Sedangkan, sasaran operasi lainnya adalah pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm standar, melanggar rambu-rambu lalu lintas dan melawan serta berbagai pelanggaran lainnya.

“Kita akan menekankan unsur penindakan bagi pelanggar lalu lintas yang terjaring dalam pelaksanaan Operasi ini. Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Palu menyasar kendaraan roda dua dan roda empat,” ujarnya.

Ia menambahkan, meski dalam operasi nanti mengedepankan unsur penindakan, namun petugas di lapangan diarahkan tetap berupaya memberikan pembinaan-pembinaan dan pembelajaran bagi pelanggar.

“Pengendara yang tidak disiplin dan tidak dilengkapi dengan kelengkapan berkendara seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) akan kami tindak sesuai pelanggaran, bukan hanya karena aturan, tapi sebenarnya untuk keselamatan pengendara,”ujarnya menambahkan.

Menurutnya, pelanggaran lalu lintas (lalin) masih kerap terjadi di Kota Palu, seperti banyaknya pengendara yang masih melawan arus lalu lintas serta tidak menggunakan helm saat berkendara dengan berbagai macam alasan.

“Karena itu kita harap lewat kegiatan Operasi Patuh Tinombala 2019, segala macam pelanggaran dapat ditekan, dan kepada masyarakat taati aturan dalam berkendara bukan hanya karena ada Operasi ini. Namun, jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Bersatu, keselamatan nomor satu,” katanya.

Reporter: Fikri Alihana, Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here