Home Palu Tiga Hari Pelaksanaan Ops Patuh Tinombala 2019, Ratusan Pelanggar Ditilang

Tiga Hari Pelaksanaan Ops Patuh Tinombala 2019, Ratusan Pelanggar Ditilang

132
BERI TILANG - Pemberian surat tilang kepada para pengendara yang melanggar saat pelaksanaan Operasi Patuh Tinombala 2019 Satlantas Polres Palu. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Tiga hari pelaksanaan Operasi Patuh Tinombala 2019, Satuan Lalu Lintas Polres Palu mencatat sebanyak 337 pengendara yang diberi tilang karena tidak menggunakan helm dan membawa surat kendaraan saat berkendara.

Kasat Lantas Polres Palu, Iptu Abdhy Hendriyatna S.IK mengatakan, pada awal operasi 29 Agustus 2019, pihaknya mencatat 57 pelanggaran. Pelanggaran didominasi oleh pengendara yang tidak menggunakan helm sebanyak 12 pengendara, sedangkan yang tidak melengkapi surat kendaraan sebanyak 10 pengendara. Ditambah lagi dengan adanya pengendara yang masih dibawah umur sebanyak 10 orang. Ditemukan juga beberapa pengendara melanggar arus lalu lintas.

Dihari kedua, tercatat 135 pelanggaran. Dari data itu, 28  pengendara ditilang karena tidak menggunakan helm, 14 pengendara tidak pakai sabuk pengaman dan sebanyak 23 orang tidak melengkapi surat kendaraan. Petugas juga mengamankan  puluhan motor yang dikendarai anak dibawah umur. Puluhan lainnya ditilang karena melawan arus dan berboncengan lebih dari satu.

Selanjutnya, hari ketiga operasi 31 Agustus 2019, Satlantas Polres Palu mengamankan 145 kendaaran dengan ragam pelanggaran.  Pengendara yang tak pakai helm 24 orang, tidak menggunakan safety belt atau sabuk pengaman 19 orang,   dan melawan arus sebanyak 21 orang. Ditemukan juga pengendara dibawah umur sebanyak 33 orang serta puluhan tilang diberikan kepada pengendara karena tidak membawa surat-surat kendaraan.

“jadi dalam tiga hari pelaksanaan Operasi Patuh Tinombala 2019, Satlantas Polres Palu sudah melakukan penindakan tegas dengan tilang terhadap 337 pelanggar, yang di dominasi oleh pengendaran yang tidak menggunakan helm standar,” ucapnya.

Kasat Lantas Polres Palu, Iptu. Abdhy Hendriyatna S.IK., mengimbau bagi pengendara roda dua maupun empat agar melengkapi surat-surat kendaraannya.

“Saya berharap masyarakat agar berhati-hati saat berkendara. Perhatikan kondisi kendaran terutama surat-surat. Jangan lupa menggunakan helm. Utamakan keselamatan berlalu lintas,” ucapnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here