Home Politik Pelantikan Rusli Tidak Mengubah Peta Politik Sulteng

Pelantikan Rusli Tidak Mengubah Peta Politik Sulteng

120
Rusli Dg Palabbi memberikan keterangan pers usai dilantik sebagai Wakil Gubernur Sulteng oleh Presiden Jokowi di istana negara Senin, 26 Agustus 2019. (Foto: setkab.go.id)

Palu, Metrosulawesi.id – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, telah melantik Rusli Dg Palabbi sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) sisa masa jabatan 2016-2021. Namun pelantikan itu diprediksi tidak mengubah peta politik di Sulteng jelang Pilgub 2020.

Pengamat politik dari Universitas Tadulako, Dr Slametriadi Cante, menilai keberadaan Wagub Sulteng tidak memiliki korelasi positif dengan Pilgub 2020, karena figur calon gubernur yang mengemuka saat ini sudah sangat jelas dan sudah teruji serta memiliki basis masa yang kuat.

“Kekhawatiran jika Rusli Palabbi akan melakukan manuver politik ketika diberi kewenangan saya pikir tidak terlalu mendasar dan realistis,” ujar Slametriadi kepada Metrosulawesi. Senin 26 Agustus 2019.

Pelantikan Wagub ditengah situasi politik saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi Wagub dalam menjalankan tugasnya. Publik tentunya berharap Wagub Sulteng dapat berperan membantu gubernur dalam menyelesaikan tugas-tugas pemerintahan.

“Tugas Wagub secara tegas diatur dalam UU No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah,” tutur Slametriadi.

merujuk aturan tersebut, Slametriadi yakni gubernur akan memberikan peran sesuai dengan tupoksi dan kewenangan yang dimiliki wakil gubernur.

Sebelumnya, Rusli Dg Palabbi terpilih sebagai wakil gubernur Sulteng setelah memenangkan pemilihan di DPRD Sulteng. Rusli meraih 35 suara mengalahkan rivalnya Andi Mansur Pasande yang hanya meraih 8 suara. Atas kemenangan itu, Rusli kemudian dilantik oleh Presiden Jokowi di istana negara 26 Agustus 2019 kemarin.

Dilantiknya Rusli sebagau Wagub Sulteng, kini Sulteng sudah memiliki Wagub sepeninggal Sudarto tiga tahun lalu.

Reporter: Elwin Kandabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here