Home Palu 7.000 Penerima Jadup Tahap Pertama

7.000 Penerima Jadup Tahap Pertama

209
Ridwan Mumu. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)
  • Ridwan: Tinggal Tunggu Waktu Wali Kota

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulteng, H. Ridwan Mumu, mengungkapkan, validasi data pengungsi penerima bantuan Jaminan hidup (Jadup) wilayah Kota Palu, telah tuntas. Untuk tahap pertama, tercatat sebanyak 7.000 orang akan menerima Jadup.

“Validasi sudah selesai, tinggal tunggu waktu Wali Kota untuk menyerahkan secara simbolis kepada penerima,” ungkap Ridwan kepada Metrosulawesi, Senin, 26 Agustus 2019.

Dia mengakui Kota Palu termasuk yang paling lambat dibanding Kabupaten Sigi dan Donggala. Jadup untuk pengungsi Kabupaten Sigi dan Donggala telah disalurkan beberapa waktu lalu.

Keterlambatan penyaluran Jadup Kota Palu disebabkan data dari pemeritah terkait yang berubah-ubah. Untuk Kota Palu total pengungsi calon penerima Jadup sebanyak 10.000 orang.

“Dari yang 10.000 itu yang sudah tervalidasi sekitar 7.007, sisanya akan disalurkan tahap kedua,” ucap Ridwan.

Penyaluran Jadup lewat transfer Bank sesuai wilayah melalui nomor rekening penerima Jadup. Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) sudah menetapkan dana Jadup Rp10.000 per jiwa per hari selama dua bulan.

Syarat mutlak penerima Jadup harus berstatus pengungsi yang tinggal di Huntara, baik Huntara yang disiapkan pemerintah maupun pihak NGO/swasta. Mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng itu menerangkan Kemensos menyiapkan Jadup untuk korban bencana Provinsi Sulteng Rp43 miliar.

Ridwan menambahkan penyaluran bantuan Jadup terus dikebut agar sesuai target yang telah ditetapkan Kemensos. Kemensos menetapkan bantuan Jadup harus tersalurkan 100 persen kepada yang berhak.

Diharapkan peran aktif pengungsi yang saat ini tinggal di Huntara untuk memastikan telah terdaftar calon penerima Jadup. Apabila sudah terdaftar namun belum menerima Jadup, pengungsi disilakan mendatangi kantor Dinsos atau bank penyalur Jadup.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here