Home Parigi Moutong

Pascagempa, Jembatan Kembar Mulai Diperbaiki

394
Proses rehabilitasi jembatan kembar jalur dua Desa Bambalemo Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong. (Foto: Zoel Fahry/ Metrosulawesi)
  • Rp2,5 Miliar untuk Pilar dan Normalisasi

Parimo, Metrosulawesi.id – Jembatan kembar Jalur 2 Desa Bambalemo Kecamatan Parigi yang rusak akibat gempa 28 September 2018 silam, mulai direhabilitasi. Tahap awal, anggaran Rp2,5 miliar akan digunakan untukpembuatan pilar dan normalisasi.

“Anggaran rehabilitasi jembatan kembar Jalur Dua Bambalemo tersebut sebesar Rp2,5 miliar, dengan waktu pekerjaan selama enam bulan,” ungkap Arsal, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Pertanahan (PUPRP), Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) kepada Metrosulawesi di ruang kerjanya, Selasa 20 Agustus 2019.

Arsal mengatakan, proyek rehabilitasi jembatan tersebut diawali dengan lelang terlebih dahulu.

“Tahap awal perbaikan jembatan tersebut adalah pembuatan pilar dan normalisasi. Setelah pilar terpasang akan dilanjutkan dengan normalisasi guna melindungi sungai, karena dikhawatirkan akan terjadi pelebaran. Sehingga pada tahap awal ini pembuatan pilar dan normalisasi dulu,” tuturnya.

Arsal menambahkan, struktur jembatan menggunakan baja, karena dianggap lebih efisien. Sebab, jembatan akan lebih diperbaiki jika terjadi kerusakan. Setelah tahap awal selesai dilaksanakan, akan dilanjutkan lagi tahap dua yakni pembuatan lantai beton. 

“Kami belum bisa memastikan berapa anggaran yang dialokasikan pada tahap kedua atau tahap pembuatan lantai beton pada jembatan kembar tersebut. Saya berharap agar pelaksanaan perbaikan jembatan tersebut berjalan sesuai jadwal serta kualitas pekerjaanya baik,” tutup Arsal.

Reporter: Zoel Fahry
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas